sign up SIGN UP

Apa itu Digital Eye Strain? Simak Gejala dan Penyebab Serta Cara Mencegah Gangguan Mata Ini

Dian Aprilia | Beautynesia
Minggu, 29 Aug 2021 20:30 WIB
Apa itu Digital Eye Strain? Simak Gejala dan Penyebab Serta Cara Mencegah Gangguan Mata Ini
caption

Digital Eye Strain juga sering disebut sebagai Computer Vision Syndrome (CVS) atau visual fatigue. Digital Eye Strain adalah penyakit mata yang terdiri dari kumpulan gejala yang dirasakan jika melihat layar gadget dalam waktu lama. Contoh berbagai perangkat yang sering digunakan adalah laptop, dekstop, handphone dan tablet. Digital Eye Strain juga sering dikenal sebagai mata lelah.

Penyebab Digital Eye Strain

Mata lelah
Mata lelah/pexels.com/Alex green

Jumlah kedipan mata yang normal adalah sebanyak 15 kali dalam satu menit. Nah, saat sedang menggunakan gadget atau peralatan digital, jumlah kedipan bisa berkurang jadi setengah hingga sepertiga dari jumlah normal. Akibatnya, mata bisa mengalami gangguan Digital Eye Strain atau mata lelah.

Selain itu, digital eye strain juga bisa disebabkan karena paparan cahaya yang terlalu terang atau silau, menonton di tempat yang minim cahaya, stres, terkena udara kering dari kipas atau AC dan jarak terlalu dekat atau jauh dengan layar gadget.

Gejala Digital Eye Strain

Penyakit mata
Penyakit mata/pexels.com/SHVETS production

Apabila kamu masih ragu dengan penyakit mata yang dialami, sebaiknya cek gejala digital eye strain sebagai berikut:

  • Sakit kepala
  • Leher, bahu dan punggung terasa kaku
  • Mata kering dan berair
  • Sulit berkonsentrasi
  • Sulit membuka mata
  • Sensitif terhadap cahaya

Jika kamu mengalami berbagai gejala penyakit mata tersebut, tidak ada salahnya untuk memeriksakan kondisi mata ke dokter spesialis agar mengetahui masalah dan pengobatan yang tepat terhadap kondisi mata lelah.   

Cara Mengatasi Digital Eye Strain

Penyakit mata
Penyakit mata/pexels.com/Andrea Piacquadio

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi gangguan Digital Eye Strain atau mata lelah. Kamu bisa melakukan cara pencegahan hingga pengobatan baik secara alami, mengubah pola hidup atau memeriksakan kepada ahli.

Berikut Beautynesia telah merangkum cara mencegah Digital Eye Strain agar kesehatan mata tetap terjaga dengan baik.

Tingkatkan Intensitas Berkedip

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan berkedip sesering mungkin. Hal ini bisa menjaga agar mata tidak kehilangan kelembapannya. Sebab berkedip bisa menghasilkan air yang berperan untuk menyegarkan mata.

Memakai Kacamata Saat Menggunakan Gagdet atau Membaca Buku

Bagi kamu yang masih malas menggunakan kacamata, cobalah untuk mempertimbangkan ulang. Sebab menggunakan kacamata yang dirancang untuk menatap layar gadget bisa menjaga kesehatan mata dan membantunya agar tidak cepat lelah.

Jaga Suhu Ruangan agar Tak Terlalu Dingin

Minimalisir penggunaan kipas angin selama menggunakan gagdet, apalagi jika memang tidak dibutuhkan. Selain itu, usahakan untuk menjaga suhu ruangan agar tidak terlalu dingin dan kering. Kamu bisa menyesuaikan suhu AC adan menggunakan pelembap udara.

Sesuaikan Kondisi Cahaya

Perhatikan sumber dan intensitas cahaya saat mengakses gadget. Pastikan agar sinarnya tidak berlebihan sehingga membuat mata terasa silau dan cepat lelah. Kadar dan sumber cahaya yang tepat bisa membantu menjaga kesehatan mata.

Istirahatkan Mata dengan Metode 20-20-20

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah melakukan istirahat mata dengan metode 20-20-20. Metode ini sangat mudah dipraktekkan. Kamu hanya perlu melihat sesuaitu dengan jarak 20 kaki/6 meter selama 20 detik setiap 20 menit sekali.

Itulah informasi mengenai Digital Eye Strain, mulai dari gejala, penyebab dan cara mengatasinya. Selamat mencoba, Beauties!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id