sign up SIGN UP

LIFE

Cegah dan Atasi Mata Lelah dengan 5 Cara Ini

Anisalestari | Selasa, 30 Jun 2020 23:00 WIB
Cegah dan Atasi Mata Lelah dengan 5 Cara Ini
caption

Kamu kini bisa mencegah dan mengatasi mata lelah dengan mudah. Yuk, coba 5 cara berikut!

1. Mengatur Pencahayaan Komputer

Saat hampir semua pekerjaan dengan menggunakan komputer maka penting untuk mengatur pencahayaan agar mata tidak lelah
Mengatur Pencahayaan Komputer/Foto: Freepik.com

Jika kamu banyak menghabiskan waktu di depan komputer, penting untuk mengatur pencahayaan komputer supaya mata tidak cepat lelah. Pengaturan cahaya pada komputer dapat dilakukan dengan menggunakan filter.

Selain itu, saat beraktivitas di depan komputer pastikan juga untuk menjaga jarak antara mata dengan layar komputer. Jarak ideal antara mata dengan layar komputer yaitu sekitar 50-60 cm. Biar mudah menerapkan jarak ideal tersebut, kamu bisa menggunakan kursi yang dapat diatur.


2. Perhatikan Pencahayaan Ruangan

mengatur cahaya menjadi cara atasi mata lelah
Pencahayaan Ruangan/ Foto: Freepik.com

Cara atasi mata lelah selanjutnya adalah dengan memperhatikan pencahayaan ruangan. Banyak orang yang tanpa sadar sering mengecek ponsel, menonton TV, hingga menggunakan laptop atau komputer dalam kondisi ruangan tanpa cahaya. Hal ini tidak baik bagi kesehatan mata karena mata dipaksa untuk bekerja lebih keras.

Namun, jangan pula menerapkan cahaya berlebihan. Cahaya yang terlalu terang dapat membuat mata cepat lelah karena dapat menyilaukan mata. Kamu sebaiknya mengatur pencahayaan yang sedang, tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap.

3. Berkedip Lebih Sering

Mengedipkan mata lebih sering merupakan cara ampuh untuk mengatasi mata lelah
Berkedip Lebih Sering/ Foto: Freepik.com

Berkedip lebih sering merupakan salah satu cara atasi mata lelah juga, lho. Hal ini karena saat berkedip, cairan di dalam mata akan membasahi bola mata sehingga dapat mengurangi iritasi dan mata kering. Kamu harus biasakan istirahatkan mata setiap 20 menit sekali dengan cara berkedip setidaknya selama 20 detik.

4. Pejamkan Mata Sesaat

cara atasi mata lelah dengan memejamkan mata sebentar
Pejamkan Mata Sesaat/ Foto: Freepik.com

Saat mata sudah lelah dan perih, cara ampuh untuk mengatasinya adalah dengan memejamkan mata sebentar. Bukan tidur, melainkan mengistirahatkan mata dari terpaan berbagai cahaya. Solusi lainnya kamu juga bisa jalan-jalan sejenak sambil melakukan peregangan otot sehingga mata pun dapat rehat dengan melihat pemandangan.

5. Perawatan Mata

Meneteskan mata dengan cairan khusus mata menjadi salah satu cara cegah mata lelah
Perawatan Mata/ Foto:Freepik.com

Perawatan mata cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi mata lelah. Kamu bisa mengompres mata menggunakan kain yang sudah dibasahi atau memakai tetes mata untuk menyegarkan mata yang terasa kering.

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id