STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Apa Iya Minum Air Es Saat Haid, Bisa Membuat Haid Tidak Lancar?

Devita Tri Hapsari | Beautynesia
Minggu, 04 Sep 2022 10:00 WIB
Apa Iya Minum Air Es Saat Haid, Bisa Membuat Haid Tidak Lancar?

Sebagian orang terutama orang tua selalu menganjurkan untuk jangan minum es ketika sedang haid, karena dikatakan bisa membuat darah haid membeku dan tidak keluar dengan normal.

Benarkah pernyataan itu dan apakah ada kaitannya air es dan produktivitas pelunturan dinding rahim saat haid? Berikut ini penjelasannya.

Air Es Membuat Haid Berhenti dan Tidak Lancar Adalah Mitos

Air Es
Air Es/ foto: unsplash/ Abillion

Menurut UNICEF.org, bahwa meminum air es bisa membuat haid berhenti, tidak lancar atau ada darah yang menggumpal itu merupakan mitos dan sama sekali tidak benar. Menstruasi terhubung dengan sistem produksi, sementara air es hubungannya dengan sistem pencernaan, sehingga memiliki sistem yang berbeda dan terpisah. Hal yang bisa membuat haid tidak lancar atau terlambat bisa jadi karena kelelahan, stres, dan sakit.

Air Es Dikatakan Bisa Membuat Kram Perut Lebih Parah Bisa Terjadi

Air es
Air Es/ foto: unsplash/ Melissa walker

Air es dikatakan bisa membuat kram perut lebih parah pada sebagian orang. Mengutip dari Food NDTV, menurut praktisi Kesehatan dan pelatih kesehatan makrobiotik, Shilpa Arora, saat sedang dalam masa menstruasi sebaiknya hindari makanan dan minuman dingin, karena bisa membuat kram perut lebih parah.

Air es bisa membuat otot-otot di ovarium dan dinding rahim yang sedang tegang semakin menegang dan tidak dapat meregang lebih jauh. Untuk itu hindari air es, makanan dingin, dan makanan manis, disamping itu lebih baik untuk mengkonsumsi yang hangat-hangat untuk memperlancar aliran darah. Namun, kejadian ini perlu diingat tidak terjadi pada setiap orang, ada juga yang tidak masalah mengkonsumsi yang dingin-dingin saat sedang haid.

Menurut Pristyncare, alasan mengapa air es dan makanan dingin bisa membuat kram perut adalah disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon prostaglandin yang bertanggung jawab untuk kontraksi di dalam rahim, untuk melepaskan endometrium (lapisan dalam rahim).

Jadi, air dingin sebenarnya tidak memberikan masalah serius saat haid sampai membuat haid menjadi telat dan tidak lancar. Namun, benar jika dengan meminum air es bisa membuat kram perut lebih parah untuk sebagian orang.

Untuk menghindari hal itu sebaiknya memang meminum-minuman hangat atau suhu normal saja, selama haid sedang berlangsung atau di hari-hari awal haid.

--

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE