STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Asam Folat Sangat Penting untuk Janin, Sebaiknya Dikonsumsi Sebelum atau Saat Hamil?

Cica Rahmania | Beautynesia
Rabu, 09 Feb 2022 21:30 WIB
Asam Folat Sangat Penting untuk Janin, Sebaiknya Dikonsumsi Sebelum atau Saat Hamil?

Kehamilan merupakan masa-masa spesial bagi setiap perempuan. Pada masa ini, ada beberapa penyesuaian yang perlu dilakukan oleh seorang calon ibu untuk mendapat kehamilan yang minim risiko, seperti mengeliminasi produk atau makanan tertentu dan mengonsumsi vitamin dan zat yang mendukung perkembangan janin.

Salah satunya ialah konsumsi asam folat. Asam folat merupakan termasuk jenis vitamin B yang banyak dijumpai pada kacang-kacangan, gandum utuh, dan sayuran hijau. Dikutip dari situs CDC (Centers for Disease Control and Prevention), asam folat memiliki manfaat mencegah cacat otak pada janin. Lantas, apa manfaat lain dari asam folat dan kapan sebaiknya perempuan mengonsumsinya?

Manfaat Asam Folat

BayamBayam. (Foto: pexels.com/Lisa)

Dalam perjalanan kehamilan, asam folat bermanfaat untuk membentuk tabung syaraf, sehingga mencegah beberapa cacat lahir utama pada otak bayi (anencephaly) dan tulang belakang (spina bifida), yang bisa terjadi pada awal-awal kehamilan, seperti 3-4 minggu setelah pembuahan.

Dikutip dari situs CDC, perempuan usia reproduktif disarankan untuk setidaknya mengonsumsi 400 mikrogram (mcg) asam folat setiap hari. Lebih lanjut, dosis asam folat yang lebih tinggi dari 400 mcg setiap hari tidak sarankan, karena belum tentu lebih baik untuk mencegah cacat tabung saraf. Namun, jika dokter menyarankan kamu untuk mengonsumsi lebih dari 400 mcg karena kondisi kesehatan lain, just go ahead.

Waktu untuk Mengonsumsi Asam Folat

hamilIlustrasi hamil. / Foto: pexels.com/van krukov

Asam folat memang berperan penting selama masa kehamilan, tetapi untuk memaksimalkannya, kamu bisa rtuin mengonsumsi asam folat sejak sebelum sejak sebelum hamil. Dikutip dari National Health Service UK, kamu bisa  mengonsumsi asam folat setiap hari sebelum hamil dan sampai usia kehamilan mencapai 12 minggu.

Namun, jika kamu tidak mengonsumsi asam folat sebelumnya, kamu harus segera mengonsumsinya setelah mengetahui bahwa kamu hamil. Selain dari makanan, kamu juga bisa mengosumsi asam folat dalam bentuk suplemen, sebab sulit untuk mendapat jumlah asam folat yang direkomendasikan hanya dari makanan saja.

Konsultasikan dengan dokter untuk mendapat dosis yang sesuai dengan kebutuhan, ya, Beauties.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI

(fer/fer)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE