sign up SIGN UP

Bahaya! 8 Makanan Ini Gak Boleh Dipanaskan di Microwave

Fina Prichilia | Beautynesia
Senin, 21 Jun 2021 07:00 WIB
Bahaya! 8 Makanan Ini Gak Boleh Dipanaskan di Microwave
caption
Jakarta -

Keberadaan microwave memang bisa memudahkan hidup ya, Ladies! Bisa bikin makanan jadi hangat dan otomatis lezat lagi, dari yang sebelumnya sudah dingin.

Meski begitu, kamu wajib tahu kalau nggak semua makanan boleh dipanaskan pakai microwave. Itu karena bisa mengubah tekstur makanan, hingga justru jadi berbahaya bagi kesehatan.

Harapan ingin membuat makanan terasa enak pun yang terjadi malah sebaliknya! Kamu pasti nggak mau itu sampai terjadi, kan? Lantas, apa saja makanan yang dilarang itu?

Mengolah roti tawar menjadi roti bakar bisa menjadi pilihan paling mengenyangkan sebagai santapan sahur.Makanan ini gak boleh dipanaskan di microwave/ Foto: Diyah Wulandini

1. Roti

Baik itu sandwich, burger, dan jenis roti lainnya tidak akan terasa enak kalau kamu panaskan pakai microwave, Ladies. Justru membuat tekstur jadi keras, akibat kelembapan yang hilang usai dipanaskan.

2. Sayuran

A big no no! Itu karena hanya akan membuat nutrisi pada sayuran jadi berkurang. Selain itu, adanya radiasi elektromagnetik di microwave bisa sebabkan karsinogenik atau zat pencetus penyakit kanker akibat konversi dari nitrat alami menjadi nitrosamin pada sayuran.

3. Saus pasta

Saus pasta memang terasa lezat kalau disajikan hangat. Tapi jangan pakai microwave ya, soalnya akan membuatnya meletup plus mengotori bagian dalam microwave. Lebih baik panaskan pakai wadah di atas kompor dengan api kecil saja.

4. Daging beku

Apakah kamu sempat berpikir untuk mengatasi daging yang beku, maka pakai microwave? Sebaiknya kamu urungkan, karena justru akan merusaknya. Panas dari microwave bikin sari daging hilang dan membuatnya jadi kering.

Ikan gorengIkan goreng/ Foto: Liana Dewi

5. Ikan

Bukan sensasi rasa yang lezat, justru kamu akan mendapati aroma amis, Ladies! Daging ikan salmon yang dipanaskan di microwave pun akan membuatnya jadi keras dan kering.

6. Ayam goreng

Kamu tidak akan mendapatkan hasil akhir renyah dan gurih, untuk ayam goreng yang dipanaskan pakai microwave. Justru akan membuatnya sangat berminyak.

7. Sup krim kental

Tekstur yang kental membuat panas sulit menyebar, sehingga berpotensi terjadi penumpukan panas pada satu tempat. Dampaknya, bisa membuat sup meledak.

Nasi Putih.Nasi putih/ Foto: Rima WK

8. Nasi

Hindari memanaskan nasi dingin atau yang sudah disimpan di suhu ruang. Karena kemungkinan sudah mengandung bakteri dan patogen, dan panas dari microwave bisa hasilkan spora beracun. Sehingga berpotensi sebabkan keracunan makanan.


Our Sister Site

mommyasia.id