STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Banyak Minum Air Putih Bisa Atasi Kulit Kering adalah Mitos? Ini Penjelasan Ahli

Deviena Nur Fadillah | Beautynesia
Selasa, 08 Nov 2022 17:15 WIB
Banyak Minum Air Putih Bisa Atasi Kulit Kering adalah Mitos? Ini Penjelasan Ahli

Banyak dari kita percaya bahwa banyak minum air putih sangat baik manfaatnya bagi kulit, seperti mengatasi kulit yang kering agar jadi lebih lembap dan kenyal. Bahkan hal ini tampaknya jadi 'rahasia' para selebriti demi mendapatkan kulit yang cerah itu. Lantas apakah benar demikian?

"Ketika semua orang menyebut bahwa minum air putih itu penting buat kesehatan dan dokter menyarankan agar minum lebih banyak air putih, kurangi kafein dan minuman manis, (sebenarnya) masih sedikitnya penelitian yang membuktikan bahwa konsumsi air putih berdampak pada kulit yang terhidrasi, begitu juga pada tampilan (fisik) keseluruhan pada orang yang sehat," kata Margarita Lolis, MD. Seorang dermatolog di Schweiger Dermatology Group in Hackensack, New Jersey, dikutip dari Byrdie.

Minum Air Putih Tetap Penting

Minum Air Putih yang CukupMinum air putih yang cukup/Foto : pexels.com/Lisa Fotios

Namun, bukan berarti minum air putih menjadi tidak penting. dirinya melanjutkan, saat kita minum, air mengalir di dalam tubuh yang membuat organ-organ bisa berfungsi secara optimal, dan hal tersebut membantu mengalirkan nutrisi mencapai kulit lewat aliran darah. 

"Faktanya ketika kita minum air putih, air tidak otomatis ke kulit. Tapi menghidrasi sel setelah terserap lewat aliran darah dan dan difilter oleh ginjal. Sehingga pada tingkat sel, minum air putih sangat bagus, untuk 'menyiram' sistem (tubuh) dan menghidrasi tubuh secara keseluruhan."

Joshua Zeichner, MD, dermatolog, di Dermatology at Mount Sinai Hospital in New York City, masih dikutip dari Byrdie juga sepakat, bahwa belum ada penelitian yang cukup yang mendukung gagasan bahwa minum air putih bisa berikan perbedaan besar pada tampilan kulit.

Ilustrasi kulit sehat/Foto: Freepik/lookstudio
Ilustrasi kulit sehat/Foto: Freepik/lookstudio

"Tidak ada data yang mendukung ide bahwa minum air putih bisa menghidrasi kulit. Di sisi lain, tidak ada data bahwa minum kurang dari 8 gelas adalah berbahaya. Satu-satunya peringatan yang perlu kamu ingat, saat dehidrasi parah, itu akan berdampak buruk pada kulit."

Mengatasi Kulit Kering

Jadi, untuk mengatasi kulit kering itu sendiri, meski bukan langsung dari minum air putih, bukan berarti menjadi tidak penting. Kamu juga perlu menjaga tubuh agar jangan sampai dehidrasi, yang mana efeknya seperti yang telah disebutkan, tidak baik bagi kulit.

Mengutip Mayo Clinic, untuk menjaga kulit tetap terhidrasi, ada beberapa cara yang perlu dilakukan:

- Hindari kontak dengan air panas terlalu lama, misalnya saat mandi.
- Menggunakan gentle cleanser.
- Hindari penggunaan sabun juga produk skincare yang mengandung alkohol, pengharum, retinoids atau alpha hidroxy acid.
- Pakai pelembap setelah mandi atau mencuci tangan.
- Menggunakan humidifier di ruangan,
- Menggunakan sarung tangan saat cuaca dingin, saat pergi keluar.

Kulit yang kering bisa membuat penampilan terganggu. Bila menggunakan produk pasaran atau counter yang diperuntukkan bagi kulit kering belum cukup membantumu, kamu bisa berkonsultasi ke dokter spesialis kulit untuk mendapatkan treatment yang sesuai.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE