sign up SIGN UP

Banyak yang Sudah Melaporkan Kasus Cacar Monyet, Termasuk Negara Tetangga, IDI Minta Semua Dokter Waspada

Fina Prichilia | Beautynesia
Rabu, 27 Jul 2022 15:18 WIB
Banyak yang Sudah Melaporkan Kasus Cacar Monyet, Termasuk Negara Tetangga, IDI Minta Semua Dokter Waspada
caption
Jakarta -

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) meminta seluruh dokter untuk mewaspadai gejala cacar monyet, Beauties. Hal ini dirasa tetap perlu dilakukan meski Indonesia belum mengonfirmasi adanya kasus, namun di negara tetangga seperti Thailand dan Singapura telah ditemukan.

Pada (25/7) lalu, giliran Jepang yang mengkonfirmasi kasus cacar monyet pertama, yakni seorang pria yang telah bepergian ke Eropa dan kini dirinya tengah dirawat di rumah sakit Tokyo.

dr Adityo Susilo, SpPD, KPTI, FINASIM dari Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI), dikutip dari detikHealth mengungkap kalau cacar monyet umumnya menular lewat kontak dekat dengan pasien. Antara lain bisa lewat saluran napas, kontak kulit, maupun kontak dengan objek yang sudah tercemar cairan tubuh pasien. Selain itu juga, transmisi secara vertikal dari ibu ke janin lewan plasental, Beauties.

Ia kemudian menambahkan bahwa inkubasi cacar monyet berkisar 5-21 hari dengan rata-ratanya 6-16 hari. Setelah lewat masa inkubasi, pasien secara umum akan mengalami gejala klinis seperti demam tinggi dengan nyeri kepala hebat, limfadenopati, nyeri punggung, nyeri otot dan rasa lemah yang prominen.

9 Suspek Cacar Monyet Sudah Discarded

Monkeypox new disease dangerous over the world. Patient with Monkey Pox. Painful rash, red spots blisters on the hand. Close up rash, human hands with Health problem. Banner, copy space. Painful rash, red spots blisters on the hand. Close up Allergy rash, human hands with dermatitis and Health problem. Ill eczema skin of patient. Viral Diseases. Red rashes on the palm. Enterovirus. coxsackieMonkeypox new disease dangerous over the world. Patient with Monkey Pox. Painful rash, red spots blisters on the hand. Close up rash, human hands with Health problem. Banner, copy space. Painful rash, red spots blisters on the hand. Close up Allergy rash, human hands with dermatitis and Health problem. Ill eczema skin of patient. Viral Diseases. Red rashes on the palm. Enterovirus. coxsackie/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Marina Demidiuk

Sempat ada kabar terdapat 9 suspek kasus monkeypox di Indonesia. Namun lewat konferenesi pers Kemenkes RI (27/7) diungkap juru bicara Kemenkes dr Mohammad Syahril sudah discarded. Hal tersebut berarti dinyatakan negatif monkeypox, dari hasil PCR dan atau pemeriksaan Whole Genome Sequencing (WGS).

Dilansir dari laman WHO, gejala cacar monyet bisa ringan, namun bagi yang lainnya bisa berkembang menjadi gejala serius sehingga membutuhkan perawatan lebih lanjut. Adapun kelompok yang rentan adalah ibu hamil, anak-anak, dan pasien yang memiliki masalah sistem imun (immunocompromised).

Untuk melindungi diri dari terkena risiko penyakit ini beberapa di antaranya yaitu membatasi kontak dengan yang dicurigai hingga dikonfirmasi cacar monyet, juga selalu menjaga kebersihan diri dan tempat tinggalnya. Beberapa negara lain, seperti Spanyol, Inggris, juga AS, dikabarkan telah melakukan vaksinasi cacar monyet.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id