sign up SIGN UP

WHO Tetapkan Wabah Cacar Monyet Sebagai Darurat Kesehatan Global! Ini Kiat Melindungi Diri

Fina Prichilia | Beautynesia
Senin, 25 Jul 2022 13:17 WIB
WHO Tetapkan Wabah Cacar Monyet Sebagai Darurat Kesehatan Global! Ini Kiat Melindungi Diri
caption
Jakarta -

Wabah cacar monyet awalnya hanya berada di Afrika sejak terdeteksi pertama kali. Namun, WHO kini telah menyatakan sebagai darurat kesehatan global dan wabah ini harus menjadi perhatian internasional, Beauties. Hal ini diumumkan oleh Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, pada Sabtu (23/7).

Penetapan status tersebut didukung dengan jumlah orang terinfeksi yang semakin banyak sejak Mei 2022 di luar Afrika Barat dan Tengah. Pusat Pengendalian Pencegahan Penyakit AS (CDC) mencatat terdapat 15.899 orang terinfeksi di 72 negara.

Sementara itu, di Indonesia dilaporkan belum ada kasus yang ditemukan, Beauties. Hal ini disampaikan Sesditjen Kesmas Kemenkes Siti Nadia Tarmizi kepada wartawan, Minggu (24/7), dikutip dari detikcom.

Karena telah diumumkan sebagai darurat kesehatan global, ke depannya kemungkinan besar akan ada vaksinasi sebagai langkah mengatasi penyebaran virus, Beauties. WHO juga mendorong banyak negara untuk mengambil sejumlah tindakan demi menghentikan penularan serta melindung kelompok yang paling rentan terinfeksi.

Gejala Cacar Monyet

Monkeypox new disease dangerous over the world. Patient with Monkey Pox. Painful rash, red spots blisters on the hand. Close up rash, human hands with Health problem. Banner, copy space. Painful rash, red spots blisters on the hand. Close up Allergy rash, human hands with dermatitis and Health problem. Ill eczema skin of patient. Viral Diseases. Red rashes on the palm. Enterovirus. coxsackieMonkeypox new disease dangerous over the world. Patient with Monkey Pox. Painful rash, red spots blisters on the hand. Close up rash, human hands with Health problem. Banner, copy space. Painful rash, red spots blisters on the hand. Close up Allergy rash, human hands with dermatitis and Health problem. Ill eczema skin of patient. Viral Diseases. Red rashes on the palm. Enterovirus. coxsackie/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Marina Demidiuk

Dirangkum dari laman WHO, cacar monyet (monkeypox) adalah penyakit yang disebabkan virus monkeypox dan merupakan zoonosis, yang berarti bisa menyebar dari hewan ke manusia selain dari manusia ke manusia.

Gejalanya bisa ringan, namun bagi sebagian lainnya bisa berkembang menjadi gejala serius sehingga membutuhkan perawatan lebih lanjut. Kelompok yang rentan adalah ibu hamil, anak-anak, dan pasien yang memiliki masalah sistem imun (immunocompromised).

Gejala paling umum di antaranya demam, sakit kepala, nyeri otot, nyeri punggung, hingga pembengkakan pada kelanjar getah bening. Hal itu juga bisa disertai ruam pada kulit, tenggorokan, mata, hingga daerah genital, Beauties.

Cara Mencegah Cacar Monyet

Doctor holding Monkeypox Test Tube Result Positive. Global virus concept.Doctor holding Monkeypox Test Tube Result Positive. Global virus concept./ Foto: Getty Images/iStockphoto/atakan

Laman WHO menyarankan untuk melakukan sejumlah hal demi mengurangi risiko terpapar penyakit ini. Di antaranya membatasi kontak dengan orang yang yang dicurigai atau dikonfirmasi mengalami cacar monyet ---terlebih kontak seksual, juga pada binatang yang terinfeksi.

Selain itu kamu juga perlu selalu menjaga kebersihan area tempat tinggalmu. Jika kamu curiga bahwa kondisimu mendekati gejala yang telah disebutkan di atas dan terlebih ada kontak dengan orang lain maupun binatang sebelumnya, segera cari bantuan dari medis dan mengisolasi diri dari yang lain hingga dikonfirmasi kalau kamu negatif dari penyakit ini, Beauties.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id