sign up SIGN UP

Beauties, Hindari 4 Makanan ini Saat Wajah Sedang Breakout

Devita Tri Hapsari | Beautynesia
Kamis, 15 Sep 2022 06:30 WIB
Beauties, Hindari 4 Makanan ini Saat Wajah Sedang Breakout
caption

Ternyata makanan yang dikonsumsi sehari-hari itu secara tidak langsung bisa mempengaruhi keadaan kulit kita, lho. Oleh karena itu disarankan untuk selalu mengkonsumsi makanan yang sehat.

Terlebih bagi Beauties yang wajahnya sedang dalam masa breakout, harap untuk memperhatikan makanannya dan sebaiknya hindari makan-makanan berikut ini.    

Biji-bijian dan Makanan yang Mengandung Gula

Makanan mengandung gula
Makanan mengandung gula/ foto: Freepik/ Jcomp

Menurut ahli dermatologist terkenal, yaitu Dr. Ajay Rana seperti dikutip dari Healtshots, jika wajah sedang mengalami breakout, hindari makan-makanan berbahan dasar biji-bijian dan yang mengandung gula. Makanan seperti nasi putih, roti putih dan gula pasalnya bisa menyebabkan lonjakan insulin yang menyebabkan jerawat tumbuh subur.

Produk Berbahan Dasar Susu

Minum susu
Hindari susu/ foto: Freepik/ KamranAydinov

Mengutip Webmd, mengonsumsi susu, apalagi susu skim bisa memperparah pertumbuhan jerawat saat wajah sedang breakout, terutama pada orang yang memiliki hormon jerawat yang tinggi.

Produk lainnya seperti, keju, yogurt, es krim juga dinilai bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat dikarenakan meningkatkan kadar hormon tertentu, seperti insulin-1, atau IGF-1 yang terkait dengan peningkatan produksi sebum, zat berminyak pada kulit wajah.

Makanan Cepat Saji atau Fast Food

wanita memakan burger
Fast food/ foto: Freepik/ Freepik

Beauties sering mengkonsumsi makanan cepat saji? Sebaiknya hindari kebiasaan ini, terutama jika wajah sedang breakouts parah. Mengutip dari Moxie, makanan cepat saji mengandung karbohidrat olahan dan gula yang lebih tinggi daripada kandungan nutrisinya.

Hal ini membuat lonjakan gula darah dan insulin yang membuat produksi sebum meningkat dan menimbulkan jerawat. Selain itu, kandungan natrium dan garam yang tinggi dapat menyebabkan kulit dehidrasi dan menjadi kusam.

Goreng-gorengan

Gorengan udang
Goreng-gorengan/ foto: Freepik/ AndreyStar

Bagi masyarakat Indonesia gorengan merupakan makanan yang sering dikonsumsi setiap hari saking lezatnya. Tapi, tahukah Beauties, gorengan yang dikonsumsi saat kulit wajah sedang breakout bisa memperparah keadaan kulit wajahnya dua kali lipat.

Menurut ahli kulit Rhonda Klein, MD/MPH mengatakan dalam The Daily Meal website Insider, gorengan bisa menyebabkan produksi minyak berlebih pada kulit, selain itu lemak trans terhidrogenasi yang terkandung dalam gorengan bisa berdampak negatif pada kulit pula.

Nah, itu dia Beauties empat makanan yang perlu dihindari saat kulit wajah sedang tidak baik-baik saja alias breakout. Walaupun sangat sulit untuk menghindari sama sekali keempat makanan tersebut, setidaknya untuk kebaikan dan kesehatan kulit, yuk mulai kurangi sedikit-sedikit!

--

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id