sign up SIGN UP

5 Pengganti Nasi untuk Kamu yang Sedang Diet, Tetap Sehat dan Enak!

Tyas Arini | Beautynesia
Minggu, 11 Sep 2022 20:00 WIB
5 Pengganti Nasi untuk Kamu yang Sedang Diet, Tetap Sehat dan Enak!
caption

Indonesia sebagai negara agraris, menempatkan nasi sebagai makanan pokok sehari-hari. Nasi sendiri memiliki karbohidrat dan kalori yang cukup tinggi. Dengan kalorinya yang tinggi, membuat orang-orang cenderung makan lebih sedikit ataupun mencari pengganti nasi. Pasalnya nasi juga meningkatkan resiko diabetes, karena karbohidrat di dalamnya diubah menjadi gula darah lebih cepat. 

Bagi Beauties yang ingin mengurangi konsumsi karbohidrat karena sedang diet atau ingin hidup sehat, harus mencari pengganti nasi. Ada banyak pilihan pengganti nasi. Apa saja? Simak di bawah ini, ya!

1. Quinoa

Quinoa
Quinoa / foto: pinterest.com

Quinoa menjadi bahan pengganti nasi yang cukup populer. Berbentuk biji, quinoa dikenal bebas gluten dan memiliki protein yang lebih tinggi daripada nasi. Dilansir dari Healthlinequinoa mengandung 9 asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, quinoa juga memiliki sumber mineral seperti magnesium dan tembaga, yang berperan penting dalam metabolisme dan kesehatan tulang. 

2. Kentang 

Kentang
Kentang / foto: pixabay.com

Kentang bisa menjadi pengganti nasi yang enak, bahkan kentang bisa dimasak lebih sehat, dengan cara ditumbuk, direbus, ataupun dipanggang. Kentang mengandung kalori, protein, karbohidrat dan serat di dalamnya. Melansir Medical News Today, kentang memiliki manfaat yang bagus untuk tubuh, yaitu berperan sebagai antioksidab, anti-inflamasi, anti kanker, menurunkan kolesterol dan dapat menyeimbangkan gula darah. 

3. Singkong 

Singkong
Singkong / foto: pexels.com/daniel dan

Banyak orang di Indonesia menjadikan singkong sebagai makanan pokok sehari-hari. Singkong sendiri bisa menjadi karbohidrat utama yang baik untuk tubuh. Singkong mengandung kalori dan karbohidrat yang lebih sedikit dibanding nasi. Menurut Eat Proper Good, singkong juga mengandung sumber vitamin C dan riboflavin yang bagus untuk meningkatkan energi pada tubuh. 

4. Roti gandum 

Roti gandum
Roti gandum / foto: tastylicious.com

Bukan sekadar roti biasa, roti gandum menjadi alternatif yang baik sebagai pengganti nasi. Roti gandum utuh lebih sehat dari roti biasa tentunya, sebab roti gandum mengandung lebih banyak serat dan vitamin. Laman Tastylicious menyebutkan bahwa mengonsumsi roti gandum utuh, membantu dalam memenuhi kebutuhan serat, mineral dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. 

5. Kacang-kacangan

Kacang
Kacang / foto: pexels.com/david disponett

Jika Beauties tidak memiliki alergi terhadap kacang, maka bahan yang satu ini bisa menjadi pengganti nasi. Bahkan kacang memiliki protein yang lebih tinggi ketimbang nasi. Melansir dari Tasylicious, kacang mengandung protein, serat, magnesium dan lemak jenuh. Cocok bagi Beauties yang ingin membentuk otot, namun perlu diingat kacang juga mengandung kalori yang tinggi.

Ternyata, ada cukup banyak pengganti nasi ya, Beauties! Tentunya bahan-bahan tersebut bisa diolah menjadi masakan yang lezat. Semangat dietnya ya, Beauties!

---------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation! Caranya DAFTAR DI SINI! 

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id