sign up SIGN UP

Beauties, Percaya Nggak Kalau Senyum Kamu Bisa Berubah Seiring dengan Bertambahnya Usia? Ini Faktanya!

Debby Diah Ekawati Erawan | Beautynesia
Kamis, 12 May 2022 12:00 WIB
Beauties, Percaya Nggak Kalau Senyum Kamu Bisa Berubah Seiring dengan Bertambahnya Usia? Ini Faktanya!
caption

Bertambahnya usia pasti seiring juga dengan perubahan yang terjadi pada tubuh, seperti kulit yang sudah tidak sekencang dulu, gigi yang sudah tidak sekuat dulu, dan beberapa hal lain di antaranya.

Umumnya, kita lebih sering fokus dengan perawatan tubuh yang berkaitan dengan kulit, mulai mencari skincare yang mengklaim anti-aging, anti-wrinkle, atau mampu membasmi flek hitam.

Sayangnya, ada hal yang sering luput dari perhatian, salah satunya adalah perubahan pada senyum kita. Masa, sih, senyum kita bisa berubah? Yuk, simak fakta-fakta berikut!

1. Perubahan Warna pada Gigi

Perubahan warna pada gigi/Foto: Freepik/Benzoix
Perubahan warna pada gigi/Foto: Freepik/Benzoix

Enamel memiliki fungsi untuk memberikan warna pada gigi. Semakin bertambahnya usia, enamel pun menjadi lebih tipis dan dapat menimbulkan perubahan warna pada gigi. Perubahan  ini memang hal yang wajar saat usia kita semakin bertambah.

Namun, ada beberapa kebiasaan yang juga bisa menjadi faktor tambahan, yaitu kebiasaan mengonsumsi kopi, teh, wine atau sering merokok dalam jangka waktu panjang. 

2. Kesejajaran Gigi

Kesejajaran gigi/Foto: Freepik/Wayhomestudio
Kesejajaran gigi/Foto: Freepik/Wayhomestudio

Beauties, merasa nggak kalau semakin kita bertambah usia, gigi kita jadi mudah bergeser. Seperti dilansir dari Orthodontics Limited, hal ini disebabkan karena baik tulang rahang atas maupun bawah menjadi kian melemah seiring dengan bertambahnya usia.

Pergeseran gigi juga bisa disebabkan oleh penyakit periodontal yang menyebabkan gusi turun, gigi goyah, dan kerusakan pada tulang rahang. Meskipun memang pergeseran gigi ini tidak terjadi secara drastis, namun, bisa menjadi salah satu faktor yang membuat senyum berubah.

Nah, salah satu tindakan yang bisa kita lakukan adalah dengan menggunakan kawat gigi.

3. Mulut Kering

Mulut kering/Foto: Freepik/Tirachardz
Mulut kering/Foto: Freepik/Tirachardz

Beauties, tahu nggak, sih, jika seiring bertambahnya usia, kelenjar mulut kita juga mengalami penurunan dalam menghasilkan air liur. Masih dilansir dari sumber yang sama, kurangnya air liur bisa menyebabkan bau mulut, meningkatkan pertumbuhan bakteri, kerusakan gigi, proses mengunyah dan menelan menjadi terhambat.

Mulut kering juga bisa membuat gigimu jadi lebih mudah aus dan kehilangan bentuk, lho! Wah, kalau sudah begini nggak heran kalau senyum kita bisa berubah seiring bertambahnya usia, ya. Tenang, pasalnya minum air secara teratur dianggap jadi cara yang efektif untuk mengatasinya, Beauties. Yuk, minum air putih secara teratur!

4. Kandungan Kolagen dalam Tubuh

Kandungan Kolagen dalam Tubuh/Foto: Freepik/Cookie_studio
Kandungan Kolagen dalam Tubuh/Foto: Freepik/Cookie_studio

Mendengar kata kolagen, pasti langsung terbayang manfaatnya yang luar biasa, kulit yang kencang, berkurangnya kerutan pada wajah, kulit jadi lebih halus, dan kulit yang terhidrasi.

Sayangnya, dengan semakin bertambahnya usia, kita akan mulai kehilangan kolagen di berbagai area pada tubuh kita. Dilansir dari Byrdie, kehilangan kolagen bisa membuat pipi jadi kendur. Hal ini juga lah yang bisa membuat senyum jadi berubah. Meski tak dapat dihindari, tapi dengan rutin meminum air putih, dan mengonsumsi makanan yang kaya akan kolagen, dan rutin menggunakan produk-produk yang mengandung antioksidan dan SPF bisa membantu mengatasinya.

Setelah mengetahui penjelasan di atas, yuk, mulai memberikan perhatian lebih terhadap kesehatan mulut kita. Jangan lupa untuk menyikat gigi sesuai dengan aturan, menghindari konsumsi kopi, teh, dan rokok secara berlebihan, dan rutin mengunjungi dokter gigi.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id