sign up SIGN UP

Selain Bisa Atasi Sakit Tenggorokan, Ini Deret Manfaat Lain Berkumur Air Garam

Fina Prichilia | Beautynesia
Kamis, 17 Feb 2022 12:00 WIB
Selain Bisa Atasi Sakit Tenggorokan, Ini Deret Manfaat Lain Berkumur Air Garam
caption
Jakarta -

Selain jadi andalan untuk memasak sebab akan memberi cita rasa asin dan gurih, garam juga bisa kamu manfaatkan untuk kesehatan, lho.

Cara bikinnya pun mudah, cukup mencampurkan garam secukupnya dengan air hangat, kemudian dipakai untuk berkumur. Cek, yuk manfaat dari berkumur garam ini ada apa saja sebagai berikut:

Mengatasi Sakit Tenggorokan

Mengutip laman Times of India, berkumur air garam bisa jadi cara alami dalam membantu mengatasi sakit tenggorokan. Pasalnya saat berkumur, terjadi efek osmosis oleh garam dan mengangkat cairan di tenggorokan.

Kemudian, air garam juga akan memecah lendir serta membersihkan tenggorokan, caranya dengan menghilangkan iritasi berupa alergen, bakteri, serta jamur.

Air garam dipercaya bisa meredakan sakit gigiAir garam dipercaya bisa meredakan sakit gigi/ Foto: Freepik/ Racool_studio/

Meredakan Sakit Gigi dan Gusi

Ketika gigi dan gusi kamu lagi sakit, dengan berkumur air garam juga diketahui bisa membantu meredakannya, Beauties. Ini karena kandungan antibakteri dan antiradang yang bisa melawan bakteri, serta mengurangi radang karena infeksi.

Menjaga Kesehatan Mulut

Nggak cuma pas sakit gigi dan gusi saja, kamu tetap boleh berkumur air garam secara rutin. Ini karena air garam bisa membantu dalam menjaga kesehatan serta kebersihan mulutmu. Karenanya air garam bisa menghambat pertumbuhan bakteri serta plak. Bye-bye bau mulut!

Nafas Bau/freepik.comNapas bau/freepik.com

Mengatasi Sariawan

Sariawan seringnya sukses bikin aktivitas makan jadi terasa kurang nikmat. Coba atasi dengan berkumur air garam, Beauties. Alasannya air garam ini akan membantu mengurangi rasa sakit serta mengatasi radang yang disebabkan luka.

Meredakan Masuk Angin dan Infeksi Sinus

Penyakit yang disebabkan virus dan bakteri, terlebih di musim pancaroba sering menimpa siapa saja. Contohnya flu, masuk angin, juga radang tenggorokan. Nah, fungsi air garam di sini yaitu mengatasi infeksi untuk mencegah agar nggak bertambah parah, Beauties.

Kamu bisa melakukan kumur air garam ini 2x sehari ketika sedang sakit tenggorokan maupun sakit gigi dan gusi. Selamat mencoba!

[Gambas:Video Beautynesia]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id