sign up SIGN UP

Beauties Wajib Tahu! 3 Makanan Ini Tak Baik untuk Kesehatan Kulit, Bisa Bikin 'Gagal' Glowing

Dian Siti Marfuah | Beautynesia
Jumat, 24 Jun 2022 08:30 WIB
Beauties Wajib Tahu! 3 Makanan Ini Tak Baik untuk Kesehatan Kulit, Bisa Bikin 'Gagal' Glowing
Ilustrasi perempuan yang tengah makan/ Foto: freepik.com
Jakarta -

Menjaga pola makan ternyata tak hanya bermanfaat bagi kesehatan dan berat badan, namun juga bagi kecantikan kulit. Faktanya, apa yang kita konsumsi ternyata mempengaruhi kondisi kulit.

Dan beberapa makanan yang kita sering konsumsi tanpa kita sadari justru nggak baik bagi kecantikan kulit. Nah jika kamu ingin memiliki kulit yang sehat, yuk cari tahu langsung 3 makanan yang ternyata nggak baik bagi kecantikan kulit.

Makanan Berlemak

Ilustrasi burger/Pexels.com/Photo by Daniel Reche
Ilustrasi makanan berlemak/ Foto: Pexels.com/Daniel Reche

Makanan dengan kandungan lemak tinggi adalah makanan yang nggak baik bagi kecantikan kulit loh. Makanan dengan jenis ini mampu memicu produksi insulin yang juga bisa memicu timbulnya jerawat.

Makanan cepat saji, daging tinggi lemak dan makanan yang mengandung pengawet adalah contoh makanan dengan lemak jenuh dan trans. Jadi kamu harus menghindari mengonsumsi makanan tersebut dalam porsi berlebih dan tidak terlalu sering.

Selain itu daging olahan juga memiliki kandungan natrium tinggi yang dapat melemahkan produksi kolagen dan mengeringkan kulit.

Makanan Manis

Ilustrasi makanan manis/Pexels.com/Photo by Ella Olsson
Ilustrasi makanan manis seperti dessert/ Foto: Pexels.com/Ella Olsson

Ini nih jenis makanan yang paling banyak disukai kaum hawa, makanan manis. Padahal nih makanan dengan gula tinggi memiliki dampak buruk bagi kecantikan kulit.

Mengonsumsi gula tidak hanya bisa menyebabkan jerawat namun juga penuaan dini. Kandungan gula dalam makanan dapat mengakibatkan proses glikasi, menempelnya molekul gula di kolagen kulit.

Proses ini pada akhirnya akan menyebabkan kolagen pecah sehingga memicu timbulnya keriput di kulit. Begitu pula dengan karbohidrat pada coklat yang bisa merusak kolagen kulit dan meningkatkan risiko penuaan dini.

Makanan Pedas

Ilustrasi makanan pedas/Freepik.com/ photo created by jcomp
Ilustrasi makanan pedas/ Foto: Freepik.com/jcomp

Siapa nih yang nggak bisa makan tanpa sambal pedas? Coba deh kamu perhatikan reaksi wajah kamu setelah mengonsumsi makanan sangat pedas. Terkadang bisa jadi memerah, bukan?

Yup, makanan pedas dapat memicu inflamasi berupa kemerahan di kulit. Tak hanya itu saja pada beberapa orang makanan pedas juga dapat memperburuk kondisi jerawat, Beauties.

Hal ini terjadi karena kandungan likopen asam pada makanan pedas yang mampu memicu timbulnya jerawat, memicu iritasi kulit dan mengganggu keseimbangan tingkat pH.

Meski demikian, pada dasarnya  setiap orang bisa  bereaksi berbeda, namun hal ini bisa jadi pertimbangan jika kamu ingin menghindari timbulnya jerawat.

Itu dia 3 makanan yang nggak bagi kecantikan kulit jika dikonsumsi secara berlebih. Karena perawatan tak hanya dari luar saja ya Beauties, namun juga memperhatikan apa yang kita konsumsi!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id