sign up SIGN UP

Cegah Kanker Payudara hingga Penyakit Jantung, 10 Makanan Ini Baik untuk Kesehatan Perempuan!

Siti Kholifatun Nadiah | Beautynesia
Selasa, 21 Jun 2022 07:15 WIB
Cegah Kanker Payudara hingga Penyakit Jantung, 10 Makanan Ini Baik untuk Kesehatan Perempuan!
Makanan yang bagus untuk kesehatan perempuan/Foto: Getty Images/iStockphoto/RossHelen

Kesehatan tubuh adalah hal penting yang harus dijaga oleh setiap orang, tak terkecuali perempuan. Namun sayangnya, tak sedikit perempuan yang belum sepenuhnya menjaga kesehatan tubuh. Dalam menjaga kesehatan tubuh, dapat dimulai dengan memperhatikan setiap asupan makanan yang akan dikonsumsi, misalnya dengan mengonsumsi makanan sehat.

Namun sebelumnya, apa yang dimaksud dengan makanan sehat? Makanan sehat adalah makanan yang kaya akan gizi dan nutrisi, seperti vitamin, mineral, antioksidan, dan lainnya.

Nah, kira-kira apa saja ya makanan sehat yang baik untuk kesehatan perempuan? Penasaran, Beauties? Berikut 10 makanan sehat yang baik untuk kesehatan perempuan. Yuk, simak!

Brokoli

Ilustrasi brokoli
Ilustrasi brokoli/Foto: Pexels/Oliver Schulz

Sayuran seperti brokoli, kembang kol, dan kubis Brussel adalah sayuran yang sangat ampuh untuk melawan kanker. Dalam studi laboratorium, sulforaphane, bahan kimia yang ditemukan dalam brokoli dan sepupunya, dapat membuat sel kanker seperti leukemia dan melanoma hancur dengan sendirinya.

Melansir dari CNN Indonesia, dalam sebuah penelitian di Cina tahun 2007, ditemukan fakta bahwa senyawa dalam brokoli dapat memperlambat penyebaran kanker payudara. Selain itu, satu cangkir brokoli dapat memenuhi 135 persen kebutuhan vitamin C harianmu.

Bit

Ilustrasi bit
Ilustrasi bit/Foto: Pexels/Eva Elijas

Bit adalah sayuran akar merah yang manis, kaya, dan bermentega. Nilai gizi dari bit juga sangat bagus. Sebagaimana yang dilansir dari Everyday Health, dalam sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition, ditemukan fakta bahwa dengan meminum segelas jus bit dapat segera menurunkan tekanan darah.

Menurut Jonny Bowden, PhD, penulis The 150 Healthiest Foods on Earth (Fair Winds Press), bit mengandung potasium yang dapat melawan efek dari diet tinggi garam. Selain itu, bit merupakan salah satu dari 14 makanan anti-inflamasi untuk membantu melawan penambahan berat badan. Bit juga tinggi akan folat yang dibutuhkan untuk memproduksi sel-sel baru dan mencegah kerusakan DNA.

Bawang Putih

Ilustrasi bawang putih
Ilustrasi bawang putih/Foto: Freepik/Jcomp

Beauties, tahukah kamu? Hampir sepertiga perempuan berusia 45 dan 55 tahun memiliki tekanan darah tinggi, yaitu penyakit yang dapat menyebabkan masalah yang lebih serius seperti penyakit jantung atau stroke. Untuk mencegah penyakit ini, kamu bisa mengonsumsi bawang putih.

Menurut ulasan Journal of Integrated Blood Pressure Control, sebagaimana yang dilansir dari Eat This, Not That!, bawang putih mengandung fitokimia, termasuk allicin yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Bawang putih juga dapat mencegah perkembangan penyakit jantung dengan mengurangi akumulasi plak dan mencegah pembentukan plak baru di arteri.

Kayu Manis

Ilustrasi kayu manis
Ilustrasi kayu manis/Foto: Freepik/Kamran Aydinov

Jika kamu terlahir dari keluarga yang memiliki riwayat genetik untuk penyakit Alzheimer maka kamu harus membuat perubahan dalam gaya hidup. Minimal dengan menghindari risikonya dengan mengonsumsi kayu manis.

Menurut sebuah penelitian di Journal of Alzheimer's Disease, kayu manis memiliki kandungan yang dapat memoderasi lonjakan kadar gula darah-proanthocyanidins dan cinnamaldehyde. Yang mana kandungan tersebut memiliki sifat untuk menghambat pembentukan agregat protein penyebab Alzheimer.

Teh Rooibos

Ilustrasi teh
Ilustrasi teh/Foto: Pexels/Cup of Couple

Beauties, pernahkah kamu mendengar teh rooibos? Jika belum maka ini saatnya kamu untuk menyimak manfaat dari teh rooibos dalam menjaga kesehatan perempuan. Teh rooibos adalah salah satu jenis teh paling populer untuk membuat perut rata dalam 7 hari.

Selain itu, teh rooibos bermanfaat untuk menenangkan pikiran karena adanya kandungan flavonoid unik di dalamnya yang disebut aspalathin. Penelitian menunjukkan senyawa ini dapat mengurangi hormon stres yang dapat menyebabkan depresi serta memicu rasa lapar dan penyimpanan lemak.

Ubi Jalar

Ilustrasi ubi jalar
Ilustrasi ubi jalar/Foto: Freepik/Jcomp

Perempuan tidak hanya berisiko lebih tinggi daripada pria untuk penyakit terkait mata seperti katarak, dan glaukoma, tetapi perempuan juga berisiko lebih tinggi untuk kondisi kesehatan yang memengaruhi penglihatan, seperti diabetes.

Untuk mencegah hal itu, kamu dapat mengonsumsi ubi jalar. Umbi-umbian ini kaya akan beta-karoten, prekursor vitamin A, dan nutrisi penting yang melindungi dan menjaga kesehatan mata.

Greek Yogurt

Ilustrasi yogurt
Ilustrasi yogurt/Foto: Freepik/Jcomp

Beauties, tahukah kamu kalau yogurt sangat bagus untuk kesehatan perempuan? Yoghurt kaya probiotik sangat bagus untuk kesehatan pencernaan semua orang, tetapi probiotik sangat penting untuk kesehatan saluran kemih dan vagina. Probiotik adalah bakteri baik yang hidup di usus dan memiliki peran penting dalam segala hal, mulai dari suasana hati dan pemeliharaan berat badan hingga menyeimbangkan sistem kekebalan tubuh.

Buncis

Ilustrasi buncis
Ilustrasi buncis/Foto: Freepik/Dashu83

Penelitian telah menemukan bahwa banyak gejala yang melemahkan pasca menopause disebabkan oleh rendahnya tingkat estrogen yang terjadi karena kurangnya hormon ovarium. Dengan mengonsumsi buncis, hormon-hormon tersebut dapat terkendali. Selain itu, buncis dapat membantu mengatasi gejala menopause.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Chinese Pharmacological Society, hal itu dapat terjadi karena adanya kandungan nutrisi yang dikenal sebagai isoflavon pada buncis. Isoflavon bertindak sebagai fitoestrogen pada manusia, dengan kata lain, isoflavon dapat meniru struktur estrogen sehingga memungkinkan fitoestrogen berfungsi di jalur estrogen yang sama.

Telur

Ilustrasi telur
Ilustrasi telur/Foto: Freepik/Jcomp

Food and Drug Administration (FDA) merekomendasikan kepada perempuan yang sedang hamil agar mendapatkan 600 IU vitamin D sehari selama kehamilan. Jika kamu sedang hamil maka cobalah untuk mengonsumsi dua telur untuk sarapan.

Kandungan vitamin D yang ada pada telur sangat penting karena selain membantu tubuh dalam menyerap kalsium pembentuk tulang, vitamin D juga merupakan kunci untuk kesehatan kulit dan penglihatan yang juga dikaitkan dengan rendahnya kemungkinan preeklamsia.

Udang

Ilustrasi udang
Ilustrasi udang/Foto: Pexels/Terje Sollie

Tubuh memiliki beragam jenis neurotransmiter. Blok pembangunan neurotransmiter ini diperlukan untuk struktur dan fungsi semua sel. Apabila kamu kekurangan senyawa ini maka akan mengalami gangguan neurologis dan penurunan fungsi kognitif.

Dengan mengonsumsi udang, kamu tidak akan kekurangan senyawa tersebut karena udang adalah sumber paling kuat dari nutrisi kolin, yang mana kolin merupakan neurotransmiter. Selain itu, udang juga bermanfaat untuk kesehatan otak dan juga dapat membantu menurunkan risiko kanker payudara.

Nah, Beauties, itulah tadi 10 makanan yang baik untuk kesehatan perempuan. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan asupan gizi seimbang agar tetap sehat ya, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id