sign up SIGN UP

Jangan Dibuang! Bagian dari 7 Buah dan Sayur Ini Ternyata Bisa Dikonsumsi, lho!

Retno Anggraini | Beautynesia
Minggu, 19 Jun 2022 19:30 WIB
Jangan Dibuang! Bagian dari 7 Buah dan Sayur Ini Ternyata Bisa Dikonsumsi, lho!
Bagian buah dan sayur yang ternyata bisa dikonsumsi/Foto: Freepik.com

Kini semakin banyak orang yang mulai mencoba pola makan nabati. Selain memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, pola makan nabati cenderung lebih baik untuk lingkungan. Tapi, beberapa orang masih menyisakan banyak makanan yang akhirnya menjadi limbah.

Menurut majalah Clean Eating, gerakan nose-to-tail telah mendukung manfaat menggunakan setiap bagian dari hewan yang kita konsumsi untuk menghindari penumpukan limbah makanan, seperti jeroan dan organ.

Nah, gerakan seperti ini ternyata juga bisa diterapkan pada makanan nabati, Beauties! Gaya makan ini disebut steem-to-root, yaitu mengonsumsi bagian buah dan sayur yang selama ini masih sedikit orang yang tahu bahwa bagian tersebut bisa dikonsumsi. Melansir dari Everyday Health, berikut beberapa bagian dari buah dan sayur yang bisa dikonsumsi.

Daun Buah Bit

Daun buah bit
Daun buah bit/Foto: Freepik.com/rawpixel.com

Biasanya, buah bit yang kamu beli di supermarket telah dibuang bagian daunnya. Padahal, daun buah bit segar memiliki banyak manfaat kesehatan. Menurut United States Department of Agriculture, daun buah bit memiliki lebih banyak protein dan serat dibandingkan buahnya. Cara mengolah daun buah bit ini sama dengan sayuran hijau lainnya. Kamu bisa membuat tumisan dari daun buah bit.

Daun Wortel

Daun wortel
Daun wortel/Foto: Freepik.com/azerbaijan_stockers

Sama seperti buah bit, wortel yang kamu beli di supermarket juga biasanya dibuang bagian daunnya. Banyak orang menganggap daun wortel memiliki rasa seperti peterseli. Selain sebagai hiasan, daun wortel juga sering, lho, membuat chimichurri dari daun wortel.

Kulit Pisang

Kulit pisang
Kulit pisang/Foto: Freepik.com/KamranAydinov

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Functional Foods pada Januari 2018, senyawa fenolik yang ditemukan dalam kulit pisang kaya akan antioksidan dan antimikroba. Beberapa koki ahli bahkan telah mengubah kulit pisang menjadi barbekyu vegan. Kamu bisa menambahkan setengah kulit pisang dalam campuran smoothie untuk permulaan.

Kulit Kentang

Kulit kentang
Kulit kentang/Foto: Freepik.com/jcomp

Beauties, tentunya kamu tidak asing dengan potato wedges, bukan? Biasanya kentang akan diolah dengan kulitnya dalam pembuatan potato wedges. Bahkan tidak sedikit orang yang membuat kentang goreng atau kentang tumbuk tanpa mengupas kulit kentang.

Faktanya, kulit kentang memiliki banyak manfaat. Mengutip dari CNN Indonesia, kulit kentang mengandung 40-50 persen serat. Selain itu, kulit kentang kaya akan fenolat, riboflavin, asam askorbat, asam folat, dan vitamin B6.

Kulit Semangka

Kulit semangka
Kulit semangka/Foto: Freepik.com/timolina

Amerika Selatan memiliki makanan tradisional yang terbuat dari kulit semangka, yaitu acar kulit semangka. Selain dibuat menjadi acar, kulit semangka juga bisa ditumis dengan menggunakan bawang putih, jahe, dan daun bawang. Banyak orang mengatakan rasa kulit semangka seperti persilangan antara melon dan mentimun.

Inti Apel

Inti apel
Inti apel/Foto: Freepik.com/tme.prc

Meski keras, inti apel ternyata bisa dikonsumsi. Menurut penelitian dalam jurnal Frontiers in Microbiology pada tahun 2019, apel mengandung sekitar seratus juta bakteri baik dan 90 persen diantaranya terdapat di inti apel.

Tapi, hati-hati untuk tidak mengonsumsi bijinya, ya, Beauties. Biji apel mengandung racun yang disebut amygdalin, yang dapat berubah menjadi hidrogen sianida.

Kulit Bawang Bombai

Kulit bawang bombai
Kulit bawang bombai/Foto: Freepik.com/stockking

Kulit bawang bombai dapat memberikan warna dan rasa pada kaldu buatan sendiri. Cocok untuk kamu yang gemar membuat sup atau semur. Caranya sangat mudah, kamu bisa merebus kulit bawang bombai dan didihkan selama satu jam. Lalu, saring airnya dan simpan dalam lemari es.

Itulah beberapa bagian buah dan sayur yang ternyata bisa dikonsumsi. Selain menghemat pengeluaran, kamu juga turut berpartisipasi dalam mengurangi limbah makanan, lho!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id