sign up SIGN UP

Beauties Wajib Tahu! 7 Warna Darah Menstruasi Ini Memiliki Arti Kesehatan yang Berbeda

Siti Kholifatun Nadiah | Beautynesia
Senin, 06 Jun 2022 09:00 WIB
Beauties Wajib Tahu! 7 Warna Darah Menstruasi Ini Memiliki Arti Kesehatan yang Berbeda
caption

Sebagai seorang perempuan merupakan hal yang normal ketika mengalami menstruasi. Kondisi ini merupakan bagian dari proses sistem reproduksi perempuan. Biasanya, menstruasi dimulai antara usia 12 dan 13 tahun dengan siklus 21 hingga 35 hari atau juga bisa lebih.

Menurut American Academy of Obstetricians and Gynecologists, sebagaimana yang dilansir dari Healthline, menstruasi dapat digunakan sebagai tanda kesehatan yang vital. Hal ini terjadi karena setiap darah menstruasi memiliki warna yang berbeda-beda.

Mungkin untuk sebagian perempuan, warna darah seperti merah, coklat hingga abu-abu merupakan warna yang wajar atau sehat. Namun, kenyataannya tidak selalu seperti itu. Ada beberapa alasan yang mengharuskan kamu untuk melakukan konsultasi ke dokter.

Untuk itulah, sangat penting mengetahui setiap arti dari warna darah menstruasi. Berikut 7 warna darah menstruasi yang memiliki arti kesehatan yang berbeda. Penasaran, Beauties? Yuk, simak penjelasannya!

Arti Warna Darah Menstruasi

Ilustrasi darah menstruasi warna merah gelap
Ilustrasi darah menstruasi warna merah gelap/Foto: Pexels/Karolina Grabowska

Melansir dari Glamour, menurut Dr Claudia Pastides, seorang dokter umum dan penasihat medis di pelacak periode Flo Health, mengatakan, "Darah haid bisa memiliki berbagai warna merah yang berbeda, biasanya dari merah muda, coklat tua, hingga warna gelap bahkan hampir terlihat hitam", ujarnya.

7 warna darah menstruasi yang memiliki arti kesehatan yang berbeda:

Merah Gelap

Dr Pastides juga menjelaskan bahwa beberapa hari pertama menstruasi warnanya mungkin bisa berubah menjadi merah yang lebih gelap. Semakin gelap darah, semakin berkurangnya tingkat pelepasan lapisan rahim. Biasanya, warna merah gelap menandakan akhir periode menstruasi normal saat aliran darah menstruasimu melambat.

Merah Cerah

Warna darah menstruasi merah cerah menjadi warna dimulainya menstruasi. Artinya, aliran darah ini mengalir dengan lancar.

"Hal ini sering terlihat ketika aliran darah menstruasimu berada pada titik terberatnya dan umumnya semakin merah darahnya, semakin cepat alirannya," jelas Dr Pastides.

Merah Jambu

Merah jambu atau merah muda merupakan hasil dari warna darah menstruasi yang telah bercampur dari pendarahan ringan dengan keputihan (yang berwarna putih). Warna darah ini tidak perlu dikhawatirkan. 

Oranye

Ilustrasi darah menstruasi warna oranye
Ilustrasi darah menstruasi warna oranye/Foto: Pexels/Karolina Grabowska

Warna oranye adalah warna darah menstruasi yang berasal dari darah yang bercampur dengan cairan serviks. Namun, Beauties perlu mewaspadai warna darah satu ini karena warna oranye dapat dikaitkan dengan adanya infeksi, yaitu keputihan. Keputihan yang berwarna tidak normal atau tidak biasa juga bisa menjadi tanda infeksi bakteri atau infeksi menular seksual (IMS).

Hitam

Mungkin kamu akan terkejut ketika melihat warna darah menstruasi berwarna hitam, tetapi hal ini tak perlu dikhawatirkan. Warna ini berhubungan dengan darah coklat, yaitu darah tua. Darah hitam biasanya menjadi darah yang membutuhkan waktu ekstra untuk meninggalkan rahim.

Coklat

Ilustrasi darah menstruasi warna coklat
Ilustrasi darah menstruasi warna coklat/Foto: Pexels/Karolina Grabowska

Keluarnya darah berwarna coklat dari semua warna biasanya merupakan tanda darah tua. Seperti yang diketahui bahwa darah memiliki waktu untuk teroksidasi, itulah mengapa warna darah menstruasi bisa berubah dari warna merah pada umumnya.

Pernyataan yang sama juga dijelaskan oleh Dr Pastides bahwa darah lama menjadi lebih gelap semakin lama berada di luar pembuluh darah dan bersentuhan dengan udara. Selain itu, warna coklat menjadi warna khas yang didapatkan ketika berada di akhir periode menstruasi.

Abu-abu

Beauties, jika ada warna dari darah menstruasi yang benar-benar harus diwaspadai adalah darah menstruasi yang berwarna abu-abu. Seperti yang dikatakan oleh Dr Pastides, "Keputihan berwarna abu-abu bisa terjadi pada kasus-kasus tertentu. Misalnya, itu bisa menjadi gejala infeksi vagina bakteri yang disebut vaginosis bakteri."

Untuk tanda-tanda infeksi lainnya adalah sebagai berikut:

  • Demam
  • Rasa sakit
  • Gatal
  • Bau busuk

Nah, Beauties itulah tadi 7 arti dari warna darah menstruasi. Selama warna darah menstruasi berubah dari merah terang ke merah tua hingga coklat tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Namun, jika warnanya menjadi abu-abu, kamu perlu pergi ke dokter untuk memeriksakannya, ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id