sign up SIGN UP

Meski Belum Menikah dan Hamil, Ini Alasan Penting Kenapa Perempuan Perlu Mengunjungi Dokter Kandungan

Sherley Gucci Permata Sari | Beautynesia
Minggu, 22 May 2022 19:00 WIB
Meski Belum Menikah dan Hamil, Ini Alasan Penting Kenapa Perempuan Perlu Mengunjungi Dokter Kandungan
caption

Dokter kandungan seringkali dinilai masyarakat hanya dapat di kunjungi oleh ibu hamil saja. Hal ini mungkin disebabkan oleh rasa takut akan mendapatkan stigma negatif dan diskriminasi, merasa belum perlu, atau malu dan risih, karena umumnya dokter kandungan didominasi oleh laki-laki.

Perlu kamu tahu, dilansir dari detikcom, berapapun usia pasien dan kondisinya, privasi pasien akan dijaga dengan baik. Bagi dokter kandungan, hal utama yang perlu diketahuinya terkait kesehatan reproduksi adalah keluhan yang dirasakan dan kapan saat pertama kali berhubungan seks

Perempuan yang belum menikah dan hamil sekalipun nyatanya perlu untuk mengunjungi dokter kandungan, lho Beauties! Melansir dari Medical News Today, dokter kandungan atau yang disebut dokter obstetri dan ginekologi (obgyn) hingga bidan tak hanya melayani perempuan hamil saja.

Jasa keduanya juga dapat dimanfaatkan oleh perempuan yang belum menikah atau hamil, tentunya berkaitan dengan masalah organ reproduksi. Mulai dari masalah menstruasi, kesuburan, gangguan hormon, hingga penyakit menular seksual.

Yuk, simak alasan mengapa kamu perlu mengunjungi dokter kandungan atau bidan meskipun belum menikah atau hamil berikut ini!

Pemeriksaan Kesehatan Reproduksi

Perempuan yang belum menikah perlu mengunjungi dokter kandungan untuk memeriksakan kesehatan organ reproduksi
Ilustrasi/Foto: Freepik.com/serhii-bobyk

Melansir dari National of Biotechnology Information, masyarakat acap kali mengaitkan kesehatan reproduksi dengan hubungan seksual. sehingga hal inilah yang membangun stereotip buruk di kalangan masyarakat. Sama halnya dengan bagian tubuh lainnya secara teratur dan berkala, kesehatan organ reproduksi pun perlu mendapatkan perhatian dan pemeriksaan.

Memeriksakan kesehatan reproduksi sama halnya sebagai bentuk langkah preventif untuk mencegah penyakit pada organ reproduksi. Melansir dari Wolipop, ada 3 jenis pemeriksaan kesehatan berkaitan dengan organ reproduksi, yakni pap smear, chlamydia, dan HIV.

Apalagi bagi kamu yang hendak menikah, pemeriksaan kesehatan ini sangat diperlukan, lho! Hal ini dimaksudkan untuk memperoleh keturunan yang sehat atau mencegah penyakit pada calon anak kelak.

Mendeteksi Penyakit Berbahaya Sejak Dini

Mengunjungi dokter kandungan bagi perempuan yang belum menikah atau hamil bermanfaat untuk mendeteksi penyakit pada organ reproduksi sejak dini
Ilustrasi/Foto: Freepik.com/wayhomestudio

Organ dan sistem reproduksi  perempuan diketahui rentan diserang penyakit. Beberapa jenis penyakit yang menyerang organ reproduksi perempuan diantaranya dapat merenggut nyawa penderitanya. Penyakit yang banyak diderita perempuan di antaranya mulai dari penyakit miom, kista, gangguan sindrom polikistik ovarium atau disebut PCOS, infeksi menular seksual, hingga kanker.

Dilansir dari CNN Indonesia, kanker serviks  menjadi salah satu jenis kanker yang paling banyak diidap perempuan di Indonesia dari segala jenis kanker yang menyerang organ reproduksi. Bahkan tingkat kematiannyapun terbilang tinggi. Tingkat kematian yang diakibatkan kanker serviks dapat mencapai 57 kematian perhari nya.

Tapi kamu tidak perlu takut secara berlebihan dulu. Pasalnya jika terdeteksi adanya sebuah masalah atau penyakit pada organ reproduksi pada perempuan yang belum menikah ataupun hamil lebih awal, tentu akan mendapatkan penanganan lebih cepat, sehingga tidak semakin bertambah parah.

Sebaliknya, bila didapati sudah sampai stadium lanjut, hal tersebut berisiko memperkecil kesembuhan.

Nah itu tadi alasan paling penting mengapa kamu perlu mengunjungi dokter kandungan bagi kamu yang belum menikah ataupun hamil, Beauties. Yuk dimulai dari sekarang!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id