sign up SIGN UP

Bebas Gluten, Ini 5 Alasan Kamu Harus Menggunakan Tepung Singkong saat Diet

Retno Anggraini | Beautynesia
Sabtu, 30 Jul 2022 09:30 WIB
Bebas Gluten, Ini 5 Alasan Kamu Harus Menggunakan Tepung Singkong saat Diet
caption

Beauties, apakah kamu pernah mendengar tentang tepung singkong? Atau mungkin sudah pernah mencoba makanan yang terbuat dari tepung ini? Tepung singkong dapat digunakan untuk berbagai macam makanan, seperti kue, pasta, mie, bahkan alkohol. Tepung singkong merupakan alternatif yang baik untuk pengganti tepung terigu atau gandum.

Memiliki banyak serat dan sumber antioksidan yang tinggi, tepung singkong sangat baik digunakan dalam pola diet kamu, lho! Melansir Stylecraze, berikut 5 manfaat tepung singkong sekaligus cara penggunaannya dalam diet kamu. Yuk, simak!

Bebas Gluten

Manfaat tepung singkong
Ilustrasi tepung singkong/Foto: Freepik.com/KamranAydinov

Tepung singkong merupakan tepung yang bebas gluten dan aman dikonsumsi bagi penderita penyakit celiac, yaitu  penyakit autoimun yang gejalanya muncul akibat mengonsumsi makanan yang mengandung gluten. Produk bebas gluten biasanya cenderung lebih mahal, tapi kamu bisa menggunakan tepung singkong yang memiliki harga lebih terjangkau namun tetap kaya nutrisi.

Dibandingkan tepung bebas gluten lainnya, seperti tepung kelapa atau tepung almond, tepung singkong lebih rendah lemak. Tepung ini memiliki kandungan air yang tinggi dan kepadatan kalori yang lebih rendah daripada tepung jenis lain.

Bantu Melancarkan Pencernaan

Manfaat tepung singkong
Bantu tingkatkan pencernaan/Foto: Freepik.com/wayhomestudio

Tepung singkong lebih kaya serat, protein, dan mineral dibandingkan tepung terigu. Serat makanan yang tinggi pada tepung singkong dapat membantu melancarkan pencernaan dan mengontrol berat badan. Ini juga bisa mempercepat proses pencernaan makanan.

Meningkatkan Kekebalan

Manfaat tepung singkong
Bantu tingkatkan kekebalan tubuh/Foto: Freepik.com/wayhomestudio

Selain sarat akan antioksidan yang tinggi, tepung singkong juga mengandung vitamin C, karotenoid, tiamin, riboflavin, asam nikotinat, kalsium, dan fosfor. Kandungan vitamin C yang melimpah dalam tepung singkong dapat membantu meningkatkan kekebalan dengan membunuh potagen. Vitamin C bersifat sebagai pelindung kulit dari potagen.

Meningkatkan Kesehatan Mata

Manfaat tepung singkong
Bantu tingkatkan kesehatan mata/Foto: Freepik.com/master1305

Tepung singkong diperkaya dengan provitamin A yang nantinya akan diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Seperti yang kita tahu, vitamin A sangat baik untuk menjaga kesehatan mata dan melindungi mata dari pencahayaan yang buruk.

Sumber Antioksidan yang Baik

Manfaat tepung singkong
Sumber antioksidan/Foto: Freepik.com/diana.grytsku

Tepung singkong mengandung antioksidan yang tinggi. Antioksidan ini dibutuhkan untuk melawan tanda-tanda penuaan, seperti garis halus dan kerutan. Antioksidan juga akan melawan radikal bebas di dalam tubuh, serta meningkatkan kesehatan kulit dan fungsi organ.

Cara Menggunakan Tepung Singkong dalam Pola Diet

Manfaat tepung singkong
Ilustrasi tepung singkong/Foto: Freepik.com/azerbaijan_stockers

Tepung singkong merupakan salah satu pilihan produk bebas gluten yang lebih ramah di kantong. Mengganti tepung terigu dengan tepung singkong mungkin membutuhkan lebih banyak air daripada biasanya. Berikut beberapa cara dalam menggunakan tepung singkong untuk diet:

  • Sebagai bahan dasar pembuatan kue basah, kue kering, donat, dan roti.
  • Sebagai bahan dasar pembuatan mie dan pasta.
  • Untuk membuat aneka roti pipih, seperti tortilla.
  • Untuk mengentalkan saus, sup, dan kuah.

Atau kamu juga bisa mengonsumsinya dengan cara mengukus tepung dengan tambahan kelapa parut. Orang India Selatan biasanya mengonsumsi ini sebagai sarapan.

Tepung singkong nyatanya memiliki ragam manfaat yang mungkin belum kita ketahui. Alternatif pengganti tepung ini kaya akan serat dan karbohidrat. Tepung singkong dan tepung tapioka berbeda, ya, Beauties. Tepung singkong terbuat dari seluruh bagian umbi, sedangkan tepung tapioka hanya terbuat dari pati singkongnya saja.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id