sign up SIGN UP

Banyak Dijual di Supermarket, Makanan Satu Ini Efektif Bantu Ratakan Perut Buncit Menurut Ahli

Nadya Quamila | Beautynesia
Selasa, 26 Jul 2022 08:00 WIB
Banyak Dijual di Supermarket, Makanan Satu Ini Efektif Bantu Ratakan Perut Buncit Menurut Ahli
caption
Jakarta -

Perut buncit memang menjadi masalah cukup rumit yang dialami banyak orang. Selain mengganggu penampilan, perut buncit juga berbahaya bagi kesehatan. Misalnya, meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, hingga kanker.

Salah satu cara untuk mengatasi perut buncit adalah dengan menerapkan pola makan yang sehat. Menurut para ahli, ada satu jenis makanan yang efektif untuk membantu meratakan perut buncit. Makanan satu ini juga tergolong lezat dan mudah ditemukan di supermarket. Kira-kira makanan apa, ya, Beauties? Yuk, cari tahu!

Makanan yang Efektif Ratakan Perut Buncit

Close up of of smiling woman hands having a healthy breakfast at home with fruit and yogurt. Cheerful girl tasting yoghurt with blueberries and raspberries. Joyful woman enjoy fresh yogurt for lunch, wellbeing and diet concept.Ilustrasi greek yogurt/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Ridofranz

Menurut Roxana Ehsani, seorang ahli gizi, penelitian menunjukkan bahwa makanan yang kaya protein, kalsium, dan vitamin D dapat membantu mengecilkan perut buncit. Nah, kandungan tersebut ternyata ada di greek yogurt, Beauties!

"Penelitian telah menunjukkan bahwa makanan yang kaya protein, kalsium, dan vitamin D mungkin terkait dengan lebih sedikit lemak visceral. Oleh karena itu, greek yogurt polos, tanpa lemak atau rendah lemak adalah makanan nomor satu yang harus ditambahkan orang ke dalam makanan mereka jika mereka ingin mengurangi lemak visceral (lemak yang tersembunyi di dalam perut)," ungkapnya kepada Eat This, Not That!.

Ilustrasi yogurtIlustrasi yogurt/Foto: Freepik/Jcomp

Ehsani menuturkan bahwa greek yogurt tanpa lemak biasanya mengandung 20-23 gram protein per 1 porsi cangkir. Seperti diketahui, makan makanan kaya protein dapat mengurangi rasa lapar karena akan membuat kamu merasa lebih kenyang. Ketika kamu mengonsumsi makanan kaya protein, ini akan mencegah kamu dalam makan berlebih.

Protein membutuhkan waktu lama untuk dicerna dan dimetabolisme, sehingga membantu kamu merasa kenyang lebih lama. Penelitian juga menemukan bahwa asupan protein tinggi terkait dengan BMI yang lebih rendah, lingkar pinggang yang lebih kecil, dan kadar kolesterol HDL yang lebih baik. Poin plusnya, yogurt juga mengandung probiotik yang membantu mendukung mikrobioma usus yang sehat.

Trik Memilih Greek Yogurt untuk Bantu Ratakan Perut Buncit

Buah RaspberryIlustrasi greek yogurt/ Foto: Freepik/Freepik

Memilih greek yogurt yang dikonsumsi dengan tujuan meratakan perut buncit tidak boleh sembarangan, Beauties. Menurut Ehsani, greek yogurt yang dikemas dengan gula tambahan tidak akan membantu menghilangkan lemak di perut. Malah sebaliknya, seseorang yang gemar mengonsumsi gula tambahan cenderung akan memiliki lebih banyak lemak visceral.

Ehsani menyarankan untuk memilih yogurt tanpa lemak atau rendah lemak. Selain itu, penting juga untuk mengurangi asupan lemak jenuh, yakni makanan seperti daging olahan, keju, dan makanan yang dipanggang.

Imbangi pula dengan gaya hidup sehat lainnya, seperti rutin berolahraga, minum air putih yang cukup, hingga tidur yang cukup dan berkualitas.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id