sign up SIGN UP

Belum Juga Bisa Tidur Padahal Sudah 'Dipaksa'? Mungkin Kamu Wajib Coba Cara Ini

Fina Prichilia | Beautynesia
Jumat, 29 Jul 2022 21:30 WIB
Belum Juga Bisa Tidur Padahal Sudah 'Dipaksa'? Mungkin Kamu Wajib Coba Cara Ini
caption
Jakarta -

Bisa tidur cepat, tampaknya jadi keinginan banyak orang, terutama yang merasa susah banget untuk itu. Pasalnya, punya jam tidur yang teratur setiap harinya memang akan mendukung produktivitas kamu.

Saat kamu bangun pagi, maka kamu jadi bisa menyiapkan segala sesuatunya lebih baik, daripada grasak-grusuk karena kesiangan, atau juga tetap bisa bangun pagi tapi dengan kurangnya tidur sepanjang malam tadi.

Nah, mungkin kamu sudah berupaya untuk 'memancing' tidur sejak jam 10 malam, tapi kok masih belum tertidur juga padahal sudah di kasur dari tadi?

Mengutip Sleep Health Foundation, tidur itu sendiri memang bukanlah sesuatu yang ketika dipaksa maka langsung terjadi begitu aja, Beauties. Nah, masih dari laman yang sama, bila kamu belum juga tertidur sejak 20-30 menit kamu 'mendarat' di kasur, maka kamu harus bangun dulu.

Essential oil blends untuk meditasi di malam hariKe ruangan lain untuk duduk dengan tenang saat tidak bisa tidur/Foto: Pexels.com/cottonbro

Lalu cobalah untuk pergi ke ruangan lain yang gelap dan duduk dengan tenang. Pada waktu itu, hindari screen time seperti malah nonton TV, melihat ponsel, juga komputer. Selain itu juga hindari melakukan aktivitas lain seperti makan, minum, maupun melakukan pekerjaan rumah. Saat kamu sudah lelah dan mengantuk, barulah kamu kembali ke kamar.

Membantu Menghubungkan Tubuh dengan Tidur

Cara tersebut dinilai bisa membantu pikiranmu bahwa ada hubungan antara kasur dengan kamar atau beristirahat, yang nggak selalu berarti tidur --bukannya frustrasi karena nggak bisa juga tidur.

Ketika kamu sulit tidur, jangan juga cepat melabeli diri punya insomnia, karena itu bisa meningkatkan rasa khawatir dan frustasi.

Prioritaskan Waktu Tidur Beauties/freepik.com/benzoixPikiran yang tenang membuatmu cepat tidur/freepik.com/benzoix

Cara untuk Menenangkan Pikiran

Beauties perlu kamu tahu, kalau sebelum tidur overthinking, itu akan menyulitkan kamu untuk mengantuk. Namun, masih dalam laman yang sama menyebut kalau pikiran akan terus bergerak setiap waktunya, jadi mustahil untuk meminta berhenti berpikir.

Untuk mengatasinya buatlah 'worry time' saat siang atau sore hari, yaitu waktu ketika kamu bisa bebas berpikir apa saja pada momen tersebut. Lalu ketika waktunya tidur tiba, kamu perlu menenangkan pikiran atau saatnya 'calm time'. Kamu bisa memikirkan hal-hal yang menyenangkan, seperti berada di destinasi liburan impian.

Pada waktu ini ketika kamu tergerak untuk memikirkan yang berat, maka katakan pada diri sendiri kalau kamu akan melanjutkannya besok saat 'worry time' only. Tidak mudah, tapi worth to try.

Selamat mencoba.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id