sign up SIGN UP

5 Penyebab Munculnya Kerutan di Bawah Mata

Deviena Nur Fadillah | Beautynesia
Jumat, 29 Jul 2022 17:15 WIB
5 Penyebab Munculnya Kerutan di Bawah Mata
caption

Kerutan di bawah mata memang bisa mempengaruhi penampilan jadi kurang maksimal. Adanya tanda tersebut, cenderung menandakan tanda penuaan, karena area kulit ini lebih tipis juga halus, dibanding bagian kulit lain.

Selain karena tanda penuaan, ada juga hal lain yang turut jadi penyebab munculnya kerutan di bawah mata. Beauties penasaran nggak sih? Karena masih mungkin kamu cegah, nih!

Radiasi Sinar UV

Asian office women skin damage from sun UV city air pollution conceptIlustrasi terpapar sinar UV/ Foto: iStock

Sinar UV punya dampak buruk bagi kulit, karena bisa merusak kolagen yang padahal merupakan protein utama pada jaringan kulit, serta penopang utama pada wajah dalam menjaga kekencangannya.

Mengutip Healthline, sinar UV ini nggak cuma dari paparan matahari, tapi juga karena perawatan tanning tanpa matahari, lho. Menurut Food and Drug Administration (FDA), terpapar matahari tanpa perlindungan memang bisa membuat kulit jadi cepat menua, sehingga muncul kerutan. Karena itu jangan lupa pakai sunscreen dan reapply ya, Beauties. Kamu juga bisa banget pakai pelindung seperti topi dan kacamata.

Kebiasaan Merokok

Concept image of a Calendar with a yellow push pin. Closeup shot of a thumbtack attached. The words Quit Smoking written on a white notebook to remind you an important appointment.Foto: Getty Images/iStockphoto/XtockImages

Kebiasaan satu ini selain nggak baik buat kesehatan secara umum, tapi juga membuat kulit mengalami stres oksidatif ekstra, merusak kolagen dan elastinnya. Inilah yang menyebabkan kerutan. Selain itu juga, merokok dapat menyempitkan dan menghalangi sirkulasi ke pembuluh darah, serta menghilangkan vitamin A dari kulit.

Gerakan Mengulang dan Ekspresi Wajah

Ilustrasi perempuan sedihIlustrasi ekspresi wajah/ Foto: Getty Images/iStockphoto/bunditinay

Tahukah kamu kalau ekspresi wajah juga turut beri pengaruh? Seperti cemberut, mengerutkan dahi juga alis, bahkan tersenyum, bisa mengembangkan garis halus di wajah. Khusus yang satu ini tampaknya memang agak sulit dicegah ya, Beauties!

Kebiasaan Tidur Tengkurap

Tidur TengkurapPosisi tidur tengkurap/Pexels/Andrea Piacquadio

Semakin bertambahnya usia, ketika kulit kamu semisal ditimpa, ia akan berkurang kemampuannya untuk kembali ke posisi semula, Beauties. Karena itu kamu disarankan untuk tidak tidur dalam posisi tengkurap.

Penelitian pun menunjukkan tidur dengan mengadap ke bantal, dapat memunculkan garis di bawah mata.

Faktor Lingkungan

Terakhir, ada faktor lingkungan yang juga bisa berisiko memunculkan garis dan kerutan di bawah mata. Di antaranya cuaca kering, berangin, dan polusi. Pada waktu cuaca seperti ini, kamu bisa mengurangi hingga menghindari keluar ruangan dulu.


Medical News Today melansir ada cara pencegahannya lho, Beauties. Yaitu dengan menggunakan sunscreen dengan minimum SPF 30 setiap harinya, pastikan kulit lembap juga, serta menghentikan kebiasaan merokok dan terapkan pola makan yang sehat. Yuk, terapkan dari sekarang!

----

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id