sign up SIGN UP

Kiat Ciptakan Kebiasaan Tidur yang Baik, Biar Istirahat Malam Hari Lebih Berkualitas

Fina Prichilia | Beautynesia
Rabu, 27 Jul 2022 21:30 WIB
Kiat Ciptakan Kebiasaan Tidur yang Baik, Biar Istirahat Malam Hari Lebih Berkualitas
caption
Jakarta -

Tidur merupakan kebutuhan setiap makhluk hidup yang setiap harinya perlu dipenuhi. Bukan sembarang tidur, karena dengan menerapkan kebiasaan tidur yang baik (good sleep habits) akan ada berbagai manfaat yang didapat.

Tentunya adalah kualitas tidur yang baik, sehingga keesokannya diharapkan kamu terbangun dengan segar dan siap beraktivitas kembali, Beauties. Merangkum dari laman Sleep Health Foundation, ini cara agar kamu bisa menerapkan kebiasaan tidur yang baik.

Tidur di Waktu yang Sama

Mencoba untuk bisa pergi tidur di jam yang sama tiap malamnya sangat disarankan. Tubuhmu punya 'jam internal' dan hormon yang bisa mengontrol kapan mulai mengantuk dan terbangun. Ketika kamu sudah menyadari akan itu, hindari untuk melawannya dengan begadang, Beauties. Pun pergi tidur lebih awal juga bisa mengganggu siklus tidur kamu.

Ilustrasi tidur berkualitas/ Foto: Freepik.com/shutterphuIlustrasi tidur berkualitas/ Foto: Freepik.com/shutterphu

Melakukan Aktivitas yang Bikin Rileks

Satu jam sebelum tidur, adalah penting memiliki waktu untuk merilekskan diri. Setiap orang bisa berbeda-beda, ada yang mandi dengan air hangat, membaca dengan tenang, maupun minum susu hangat. Upayakan juga agar kamu pergi ke toilet sebelum tidur, agar tidak terbangun saat tengah malam.

Aktivitas yang memberikan stimulasi perlu dihindari pada waktu ini. Termasuk di dalamnya bermain games, TV, berdiskusi topik penting, bermain media sosial, juga mengecek dan berbalas email, Beauties.

Berada di lingkungan atau tempat yang terang benderang maupun terpapar cahaya biru dari layar, dapat mengurangi tingkat hormin tidur (melatonin). Jadi sebaiknya atur penerangan di kamarmu yang mendukung untuk beristirahat ya!

Hindari Kafein Mendekati Waktu Tidurmu

Kafein seperti yang diketahui, bisa membantumu untuk terjaga. Namun hal ini lebih cocok kalau siang hari. Karenanya, hindari kafein, termasuk pada minuman soft drink.

Terdapat berbagai pendapat terkait kapan tepatnya kafein dihindari mendekati waktu tidur, yakni mulai dari 3-7 jam, Beauties. Kalau kamu punya masalah tidur, maka sebaiknya hindari kafein setelah jam makan siang.

Portrait image of a beautiful young asian woman holding and drinking iced coffee in cafeIlustrasi minum kopi/iStockphoto/Farknot_Architect

Hindari Perut Kosong Saat Tidur

Adalah penting untuk tidak tidur dalam kondisi perut yang lapar. Pun sebaliknya, kamu juga tidak disarankan untuk tidur dalam kondisi kekenyangan. Waktu makan sebelum tidur yang dinilai ideal setidaknya adalah 2 jam. Bagi beberapa orang, makan snack bisa membuatnya lebih nyenyak saat tidur.

Beraktivitas Fisik Saat Pagi Hari

Berjemur dan beraktivitas fisik pada pagi hari bisa meningkatkan kualitas tidurmu saat malam hari lho, Beauties. Pasalnya hal itu bisa mempengaruhi jam tubuhmu dan meningkatkan hormon melatonin.

Belum Juga Bisa Tidur?

Jika kamu belum juga tertidur kira-kira selama 20-30 menit di atas kasur, bangunlah dan pergi ke ruangan lain yang gelap dan duduk dengan tenang. Pada waktu ini, hindari paparan ponsel dan TV, maupun melakukan kegiatan lain seperti makan, minum, dan sebagainya.

Ketika kamu sudah merasa lelah, kembalilah ke tempat tidur. Cara ini dinilai bisa membuat pikiranmu menghubungkan tempat tidur dengan tidur, Beauties --bukannya dengan keadaan frustrasi dan tidak tidur. Hindari melabeli diri dengan insomnia ya.

Bila dengan mempraktikkan cara di atas selama beberapa waktu belum berhasil, kamu bisa mengonsultasikannya ke dokter.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id