STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Benarkah dari Olahraga Bisa Menambah Tinggi Badan? Ini Kata Dokter

Fina Prichilia | Beautynesia
Selasa, 02 Nov 2021 08:45 WIB
Benarkah dari Olahraga Bisa Menambah Tinggi Badan? Ini Kata Dokter

Banyak yang mengira bahwa olahraga dengan cara bermain basket bisa menambah tinggi badan seseorang. Benarkah?

Tinggi badan itu sendiri bisa dipengaruhi banyak faktor, Beauties. Memang, olahraga itu sendiri rupanya menjadi salah satu faktornya.

Tetapi yang perlu dipahami, tinggi badan itu sendiri bisa bertambah ketika seseorang masih dalam masa pertumbuhan. Pada perempuan, pertumbuhan tinggi badan biasanya berhenti di usia kisaran 14-16 tahun, bergantung dimulainya masa pubertas.

Sementara pada pria, biasanya pertumbuhan tinggi badannya akan berhenti di usia 18 tahun dan ini juga tergantung pada masa pubertas dimulai.

Olahraga yang Berpengaruh pada Pertambahan Tinggi Badan

Olahraga di pagi hari dapat mempertajam daya ingatOlahraga bisa menambah tinggi badan. / Foto: Pexels/ Li Sun/ Foto: Raudiya Nurfadilah H

Nggak cuma bermain basket, ternyata jenis olahraga lain juga bisa memberi dampak pertambahan tinggi badan. Contohnya seperti lompat tali dan berenang.

"Prinsipnya yang penting bergerak ya. Adanya pembebanan atau tarikan-tarikan otot terhadap tulang itulah yang akan merangsang pertumbuhan tulang," kata dokter praktisi kebugaran dari Sports Injury Treatment and Performance Center (SITPEC) RS Mayapada, dr Grace Joselini Corlesa,MMRS,SpKO, seperti yang dikutip dari detikHealth.

"Berenang, basket, itu kan ada gerakan otot yang banyak, sehingga menarik tulang," sambungnya lagi.

Tetapi, tentu ada juga olahraga yang tidak terlalu memberikan dampak ini. Apa itu? dr Grace menjelaskan, yakni yang sedikit melibatkan otot, seperti e-sport.

Ilustrasi olahragaIlustrasi olahraga/Freepik.com

Karenanya, bila kamu atau adikmu masih berada di usia kisaran tersebut, maka menjadi momen penting untuk dimaksimalkan agar pertambahan tinggi dapat optimal, yakni dengan rutin berolahraga.

Selain itu yang tak kalah penting adalah dengan imbangi juga dengan nutrisi yang sehat seimbang setiap harinya.

---------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE