sign up SIGN UP

Benarkah Konsumsi Air Kelapa Setelah Vaksin Memberi Efek Baik? Simak Penjelasan Ahli di Sini

Tim Redaksi detikHealth | Beautynesia
Kamis, 10 Mar 2022 13:30 WIB
Benarkah Konsumsi Air Kelapa Setelah Vaksin Memberi Efek Baik? Simak Penjelasan Ahli di Sini
caption
Jakarta -

Penyebaran virus COVID-19 belum terhenti, terlebih di tengah meningkatnya lonjakan kasus positif varian Omicron. Hal tersebut juga mendukung dengan gencarnya program vaksinasi COVID-19 sebagai salah satu upaya pencegahan atau tindakan preventif bagi seluruh masyarakat.

Di tengah program vaksinasi sekaligus gelombang Omicron, mulai muncul pertanyaan apakah mengonsumsi air kelapa setelah vaksin diperbolehkan. Beberapa pihak mengklaim bahwa hal tersebut bermanfaat, sementara beberapa berpendapat jika hal tersebut justru menetralkan efek vaksin COVID-19.

Orang dengan riwayat imunisasi lain kurang dari 1 bulan dilarang vaksin Covid-19/Foto: pexels.com/FRANK MERINOIlustrasi vaksin Covid-19/Foto: pexels.com/FRANK MERINO

Pertanyaan seputar mengonsumsi air kelapa setelah vaksin ini mulai muncul dengan anggapan jika hal tersebut bisa mempercepat pemulihan tubuh setelah vaksin. Mengingat beberapa orang mengalami efek samping dari vaksin yang umum seperti meriang hingga tubuh lemas pasca disuntik.

Lantas, apakah hal ini termasuk dalam mitos belaka atau ada fakta di baliknya? dr. Karin Wiradarma, MGizi, SpGK, seorang spesialis gizi klinik dari Ambrosia Klinik dan Estetik menjelaskan jika asupan makanan sebenarnya tidak memiliki hubungan dengan pengaruh kerja vaksin dalam tubuh, Beauties.

isomanIlustrasi air kelapa/ Foto: pexels.com

Jadi, mengonsumsi air kelapa setelah vaksin diperbolehkan, karena menurutnya air kelapa tidak akan memberikan efek pada penerima vaksin COVID-19. "Boleh [mengonsumsi] air kelapa setelah disuntik vaksin COVID-19, tapi nggak ada efeknya sih," ungkap dr. Karin.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, "Sebenarnya air kelapa itu mengandung mineral saja, seperti semacam Pocari Sweat. Kalau [seseorang] nggak berkeringat terlalu banyak, itu [air kelapa] nggak ada efeknya."

Hal ini sejalan dengan anggapan jika air kelapa disebut-sebut memiliki efek baik layaknya minuman isotonik. dr. Karin sendiri membenarkan hal tersebut, namun karena orang yang divaksin tidak banyak berkeringat layaknya orang setelah olahraga, minum air kelapa setelah vaksin pada dasarnya tidak memberi efek apapun.

Simak penjelasan lebih lanjutnya berikut ini.

-----------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id