sign up SIGN UP

Benarkah Minum Es Saat Haid Akan Pengaruhi Siklus, juga Menghambat Keluarnya Darah?

Raudiya Nurfadilah | Beautynesia
Kamis, 02 Sep 2021 15:00 WIB
Benarkah Minum Es Saat Haid Akan Pengaruhi Siklus, juga Menghambat Keluarnya Darah?
caption

Haid atau menstruasi merupakan siklus hormonal yang normal dialami oleh perempuan pada setiap bulan. Ketika masa haid, kita sering mendengar untuk tidak melakukan kegiatan yang terlalu ekstrim, bahkan dilarang untuk mengonsumsi beberapa makanan dan minuman.

Misalnya dilarang minum es karena dapat menghambat dan membekukan darah. Apakah hal tersebut benar? Atau hanya sebuah mitos?

Haid merupakan siklus hormonal perempuan
Haid merupakan siklus hormonal perempuan/ Foto: Freepik/ Wayhomestudio

Beauties, adanya larangan tersebut kerap membuat banyak perempuan takut untuk meminum minuman dingin, karena dianggap dapat menghambat darah menstruasi yang keluar. Tetapi, sayangnya hal tersebut adalah sebuah mitos ya, karena tidak ada bukti ilmiah yang dapat mendukung klaim tersebut.

“Pesan (mitos) tersebut menggabungkan dua sistem tubuh yang berbeda yakni sistem reproduksi dan sistem pencernaan. Minum air es, soda, atau air kelapa saat haid tidak berdasar (membekukan),” ujar dr. Anita Soni, seorang ginekolog dan ahli obstetri yang dikutip dari Vishva News.

Mitos mengonsumsi air dingin ketika haid
Mitos mengonsumsi air dingin ketika haid/ Foto: Freepik/ Racool_studio

Senada dengan pernyataan dr. Anita, UNICEF juga menjelaskan bahwa meminum minuman dingin tidak membuat darah haid berhenti keluar serta tidak memengaruhi siklus menstruasi. Penjelasannya, karena menstruasi berhubungan dengan sistem reproduksi, sedangkan minuman atau makanan berkaitan dengan sistem pencernaan yang jelas-jelas keduanya terpisah.

Jadi ketika kamu minum air dingin, maka air tersebut akan mengalir ke lambung dan bukan ke rahim. Oleh karena itu, minum es tidak akan menimbulkan risiko terhadap masa menstruasi.

Selama kamu tidak merasakan sakit pada tubuh atau mengalami perut kembung, maka kamu bisa mengonsumsi minuman dingin. Sedangkan faktor yang dapat menghambat periode haidmu yakni karena mengonsumsi obat tertentu, lalu karena faktor lelah, stres, mengalami sakit tertentu, atau melakukan olahraga terlalu intens.

Boleh mengonsumsi minuman dingin selama haid
Boleh mengonsumsi minuman dingin selama haid/ Foto: Freepik/ Teksomolika

Beauties, daripada kamu menghindari minuman dingin, lebih baik hindari minuman yang mengandung alkohol karena dapat memperburuk gejala PMS (Pramenstrual Syndrome).

Sebaliknya, minum banyak air putih sangatlah penting dan merupakan hal yang utama selama datang bulan. Mengutip laman Healthline, tetap terhidrasi dapat mengurangi kemungkinan kamu terkena sakit kepala, serta bisa menghentikanmu dari perut kembung.

Selain air, kamu juga disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air. Lalu, banyak mengonsumsi sayuran hijau seperti kangkung dan bayam, karena pada saat haid akan terjadi penurunan kadar zat besi yang dapat menyebabkan kelelahan, nyeri tubuh, dan pusing. Kemudian, yang juga sama penting adalah mengonsumsi daging ayam yang kaya akan zat besi dan protein, sebab sangat penting untuk kesehatan serta membuat perut kenyang lebih lama.


Our Sister Site

mommyasia.id