sign up SIGN UP

Biar Nggak Gampang Kesiangan, Ini 6 Kiat di Malam Hari Supaya Bisa Bangun Pagi Setiap Hari

Ratih Dewi | Beautynesia
Selasa, 28 Jun 2022 19:45 WIB
Biar Nggak Gampang Kesiangan, Ini 6 Kiat di Malam Hari Supaya Bisa Bangun Pagi Setiap Hari
caption

Bangun pagi memang tidak mudah untuk beberapa orang, terutama mereka yang sering melakukan aktivitas pada malam hari, seperti lembur atau lainnya.

Padahal, bangun pagi memberikan banyak waktu untuk kita bersiap sebelum memulai aktivitas serta memberikan dampak baik untuk kesehatan tubuh.

Mungkin, Beauties sudah tidak asing dengan pernyataan jika salah satu kunci kesuksesan adalah dengan bangun pagi, bukan? Buat Beauties yang butuh kiat untuk bisa bangun pagi setiap hari, simak artikel di bawah ini sampai habis, ya! 

1. Mengatur Jadwal Alarm

Mengatur Jadwal Alarm
Mengatur Jadwal Alarm/Foto : pexels.com/Enikő Tóth

Cara mudah untuk bangun lebih awal yaitu dengan mengatur alarm sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Penting juga untuk meletakkan jam alarm atau ponsel jauh dari tempat tidur kita. 

Jika kita meletakkan jam alarm jauh dari tempat tidur, maka kita harus bangun dari tempat tidur dan mematikannya. Hal ini untuk meminimalisir kita akan mematikan atau menekan tombol snooze ketika alarm berbunyi. Demikian yang dilansir dari laman Entrepreneur

2. Batasi Cahaya pada Malam Hari 

Batasi Cahaya pada Malam Hari
Batasi Cahaya pada Malam Hari/Foto : pexels.com/XXSS IS BACK

Melansir dari laman Glamour, cahaya dari perangkat elektronik seperti tv, laptop, atau ponsel dapat mengganggu ritme produksi melatonin yang mempengaruhi kemampuan tidur kita di malam hari. 

Oleh sebab itu, 1-2 jam sebelum tidur sebaiknya hindari untuk menggunakan perangkat elektronik. Sebaliknya, membaca buku dapat membuat otak kita merasa lelah dan kita menjadi mudah tertidur. 

3. Konsumsi Suplemen Melatonin

Konsumsi Suplemen Melatonin
Konsumsi Suplemen Melatonin/Foto : pexels.com/Polina Tankilevitch

Umumnya, suplemen melatonin aman dikonsumsi dan membantu orang yang mengalami gangguan tidur. Suplemen ini bekerja dengan memicu rasa kantuk dan dapat meningkatkan kualitas tidur. 

Namun, untuk mengkonsumsinya lebih baik di bawah anjuran dokter ya, Beauties. Biasanya dosis yang disarankan 0.3 - 1 miligram dan dikonsumsi satu jam sebelum tidur, demikian seperti yang dilansir dari laman WebMD.

 

4. Olahraga Ringan Sebelum Tidur 

Olahraga Ringan sebelum Tidur
Olahraga Ringan sebelum Tidur/Foto : pexels.com/cottonbro

Melakukan olahraga ringan dapat membuat tubuh lebih lelah dan memicu rasa kantuk lebih cepat. Olahraga pada malam hari juga dapat meningkatkan kualitas tidur dan membuat kita bangun lebih awal, demikian seperti yang dilansir dari laman Master Class

Namun, perlu diperhatikan juga untuk tidak olahraga berdekatan dengan jam tidur. Hal itu justru membuat tubuh lebih segar dan sulit untuk tidur lebih cepat. 

5. Hindari Hal yang Mengganggu Jadwal Tidur

Hindari Hal yang Menganggu Jadwal Tidur
Hindari Hal yang Menganggu Jadwal Tidur/Foto : pexels.com/Askar Abayev

Mengutip dari laman Heathline, untuk meningkatkan kualitas tidur dan bangun lebih awal, ada beberapa hal yang harus dihindari dilakukan pada malam hari, seperti: 

  • Menggunakan perangkat elektronik dikarenakan cahaya dari perangkat elektronik dapat mengganggu hormon melatonin. 
  • Minum kopi 6 jam sebelum tidur. Kafein akan bertahan di tubuh kita kurang lebih 6 jam, oleh sebab itu hindari minum kafein sebelum tidur. 
  • Tidur siang terlalu lama. Tidur siang memang diperlukan, namun terlalu lama tidur siang dapat mengganggu jadwal tidur di malam hari.

6. Niat dan Konsisten untuk Bangun Pagi

Niat dan Konsisten untuk Bangun Pagi
Niat dan Konsisten untuk Bangun Pagi/Foto : pexels.com/Miriam Alonso

Niat untuk konsisten bangun di pagi hari merupakan hal terpenting. Jika dari awal tidak ada niat atau kemauan untuk bangun pagi, maka akan sulit untuk kita membiasakan diri bangun lebih awal. 

Selalu terapkan niat bangun di pagi hari setiap hari, hal ini akan menjadi kebiasaan untuk ke depannya dan menjadi lebih mudah bangun pagi. Selamat mencobanya ya, Beauties!

-------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation! Caranya DAFTAR DI SINI! 

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id