sign up SIGN UP

5 Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari, Bisa Bantu Turunkan Berat Badan lho!

Ratih Dewi | Beautynesia
Jumat, 17 Jun 2022 06:00 WIB
5 Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari, Bisa Bantu Turunkan Berat Badan lho!
caption

Minum air putih setiap pagi setelah bangun tidur ternyata memberikan dampak yang baik untuk tubuh. Hal ini dikarenakan air merupakan zat penting untuk menunjang fungsi semua organ di dalam tubuh kita. 

Sayangnya, masih banyak orang yang sering melewatkan minum air putih di pagi hari. Biasanya karena terlalu terburu-buru, tidak terbiasa minum air putih, atau lebih memilih langsung mengkonsumsi kopi atau susu. 

Nah, untuk membiasakan diri minum air putih di pagi hari, Beautynesia sudah merangkum manfaat minum air putih di pagi hari yang dilansir dari beberapa sumber. Check this out!

1. Membantu Mengontrol Kalori

Membantu Mengontrol Kalori
Membantu Mengontrol Kalori/Foto : pexels.com/Anna Tarazevich

Mengutip dari laman WebMD, minum air putih di pagi hari sebelum sarapan dapat mengontrol kalori dan baik untuk menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan oleh air putih cenderung membuat kita kenyang dan mengurangi asupan kalori harian kita. 

Selain itu, air putih juga membuat badan kita menjadi lebih segar dan meminimalisir kita tidur kembali setelah bangun pagi. 

2. Mengeluarkan Racun dari Tubuh 

Mengeluarkan Racun dari Tubuh
Mengeluarkan Racun dari Tubuh/Foto: pexels.com/Andres Ayrton

Selama kita tidur, organ yang terdapat pada sistem pencernaan akan memulai proses pembersihan yang kemudian menunggu untuk dikeluarkan. Mengkonsumsi air putih pada pagi hari akan memperlancar proses pembuangan racun dan kotoran dalam tubuh, Beauties.

Tidak hanya itu, air putih juga mengembalikan energi yang hilang dan menyeimbangkan hormon setelah pembersihan racun dan kotoran dalam tubuh, demikian seperti yang dilansir dari laman Vanguard

3. Meningkatkan Mood di Pagi Hari 

Meningkatkan Mood di Pagi Hari
Meningkatkan Mood di Pagi Hari/Foto : pexels.com/Andrea Piacquadio

Ketika bangun tidur, kita cenderung memiliki mood yang kurang baik. Hal ini disebabkan tubuh mengalami dehidrasi selama 6 - 8 jam selama kita tidur. Mengkonsumsi air putih setelah bangun tidur di pagi hari dapat meningkatkan suasana hati dan membuat kita lebih bersemangat. Demikian yang dilansir dari laman Purewow

4. Meningkatkan Elastisitas Kulit 

Meningkatkan Elastisitas Kulit
Meningkatkan Elastisitas Kulit/Foto : pexels.com/Lucas Macario

Melansir dari laman Well+Good, air dapat mengembalikan elastisitas dan meningkatkan kelembapan pada kulit. Hal ini dikarenakan air membuat jaringan kulit kita lebih terhidrasi.

Kurang mengkonsumsi air putih dapat membuat kulit kurang segar dan terlihat lebih tua, baik pada area wajah atau tubuh. 

Ketika kelembapan kulit terjaga, kulit kita tidak akan mudah iritasi, kering, atau bersisik yang dapat mengganggu penampilan. 

5. Meningkatkan Fungsi Organ Tubuh 

Meningkatkan Fungsi Organ Tubuh
Meningkatkan Fungsi Organ Tubuh/Foto : pexels.com/Ketut Subiyanto

Jika tubuh kekurangan air, maka fungsi organ pada tubuh kita akan menurun dan berpengaruh pada kesehatan tubuh. Minum air putih di pagi hari akan meningkatkan fungsi otak untuk meningkatkan kewaspadaan setelah bangun tidur. 

Selain itu, air juga merupakan komponen cairan pelumas di sekitar persendian tubuh kita dan dapat membantu meredakan nyeri sendi, seperti yang dilansir dari laman Medical News Today.

--------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id