STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Bikin Panjang Umur dan Bantu Daya Ingat, Ini Sederet Manfaat Sauna untuk Kesehatan

Diny Tiara Putri | Beautynesia
Senin, 11 Jul 2022 23:30 WIB
Bikin Panjang Umur dan Bantu Daya Ingat, Ini Sederet Manfaat Sauna untuk Kesehatan

Beauties, sauna adalah ruangan dengan suhu panas dan kering yang berguna untuk membantu tubuh dalam mengeluarkan keringat atau dalam membakar kalori. Fasilitas ini biasanya sering dijumpai di salon, spa, atau pusat kebugaran.

Tidak hanya membantu tubuh dalam mengeluarkan keringat serta membakar kalori, tetapi sauna juga berguna untuk relaksasi. Banyak orang yang pergi ke sauna hanya untuk mendapatkan manfaat relaksasi tersebut.

Jika kamu tertarik untuk mencoba sauna, kamu tidak hanya mendapatkan tiga manfaat yang telah disebutkan di atas, lho. Melansir dari The Healthy, ternyata sauna memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Apa saja? Yuk, cari tahu di bawah ini!

Panjang Umur

Ilustrasi Mandi Sauna/Freepik/senivpetro
Ilustrasi Mandi Sauna/Freepik/senivpetro

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan secara daring oleh JAMA Internal Medicine, orang-orang yang duduk di sauna setidaknya sekali seminggu dapat menurunkan risiko kematian dari penyebab apapun sebesar 22 persen. Sementara mereka yang berkeringat setidaknya empat kali seminggu, mampu menurunkan risiko dua kali lipat.

Penelitian tersebut dilakukan di Finlandia yang mana praktik ini jauh lebih populer di sana. Tetapi, jika kamu tertarik untuk memperpanjang usia, kamu bisa mencoba yang dilakukan oleh orang Finlandia yakni, “mandi sauna”.

Suasana Hati Jadi Lebih Baik

Ilustrasi Perempuan Bahagia/Pexels/Andrea Piacquadio
Ilustrasi Perempuan Bahagia/Pexels/Andrea Piacquadio

Depresi adalah penyakit mental paling umum. Namun, sains menemukan banyak hal yang dapat membantu dalam mengurangi kesedihan, keputusasaan, kelelahan, dan sikap apatis, yakni dengan pergi ke sauna.

Pasien dengan depresi ringan hingga sedang mengalami peningkatan perbaikan kesehatan mental yang signifikan, setelah duduk di sauna selama 15 menit sehari, 5 hari dalam seminggu, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan Psychosomatic Medicine, hal tersebut dapat membantu mengurangi depresi ringan.

Kesehatan Jantung

Ilustrasi Kesehatan Jantung/Pexels/Karolina Grabowska
Ilustrasi Kesehatan Jantung/Pexels/Karolina Grabowska

Salah satu alasan mengapa sauna sangat baik adalah karena suhu panasnya yang berkisar dari 154 sampai 194 derajat Fahrenheit. Maka dari itu, suhu tersebut dapat membantu memperkuat jantung, meningkatkan sirkulasi, mengurangi risiko serangan jantung, stroke, serta penyakit jantung.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh JAMA, ketika melakukan mandi sauna maka kamu akan mendapatkan rasa sejahtera serta relaksasi, yang mana hal tersebut bisa berperan dalam menjaga kesehatan jantung.

Mampu Meningkatkan Daya Ingat

Ilustrasi Perempuan Berpikir/Pexels/Katii Bishop
Ilustrasi Perempuan Berpikir/Pexels/Katii Bishop

Duduk di sauna mungkin terasa seperti cara yang baik untuk keluar atau menyendiri dengan pikiranmu. Hal itu ternyata lebih baik untuk pikiranmu dibandingkan relaksasi sederhana. Orang yang melakukan sauna setidaknya 4 kali dalam seminggu, dua pertiga lebih kecil kemungkinannya untuk didiagnosis demensia.

Para ilmuwan berspekulasi bahwa peningkatan memori mungkin terkait dengan peningkatan kesehatan jantung yang didapatkan dari mandi sauna secara teratur. Hal ini berarti bahwa jantung yang lebih kuat mengarah kepada pikiran yang lebih tajam.

Memiliki Sikap yang Lebih Santai

Ilustrasi Perempuan Bersantai/Pexels/Los Muertos Crew
Ilustrasi Perempuan Bersantai/Pexels/Los Muertos Crew

Salah satu manfaat dari duduk di sauna panas adalah kamu bisa bersantai. Kamu hanya duduk, berbincang dengan orang atau berpikir, dan kamu melakukan hal tersebut tanpa ponsel yang mampu mengalihkan pikiranmu.

Bahkan, perasaan rileks yang kamu dapatkan tadi mampu bertahan setelah kamu meninggalkan sauna. Maka dari itu, perasaan rileks tersebut dapat membantu kamu untuk merasa lebih tenang dan santai sepanjang hari, nih, Beauties.

Nafsu Makan Normal

Ilustrasi Perempuan Makan/Pexels/Nathan Cowley
Ilustrasi Perempuan Makan/Pexels/Nathan Cowley

Makan terlalu sedikit? Makan terlalu banyak? Sauna dapat membantu kamu dalam mengontrol nafsu makan. Menurut penelitian di Psychosomatic Medicine, mereka mempelajari efek sauna pada seseorang yang kehilangan nafsu makannya. Peneliti menemukan tingkat ghrellin pasien atau hormon yang terkait dengan nafsu makan yang sehat, memasuki kisaran normal selama terapi sauna.

Mengatasi Nyeri Kronis

Ilustrasi Kaki Cedera/Pexels/Andrea Piacquadio
Ilustrasi Kaki Cedera/Pexels/Andrea Piacquadio

Plester panas atau krim panas telah digunakan sejak lama untuk membantu mengurangi rasa sakit dari otot-otot tubuh dan cedera. Tetapi, apakah rasa panas yang diberikan oleh produk tersebut mampu membantu meredakan rasa sakit?

Para ilmuwan menjawab pertanyaan ini dengan mengambil 46 pasien di rumah sakit yang menyatakan rasa sakit yang signifikan dan membagi mereka menjadi dua kelompok. Kedua kelompok diajarkan latihan mental untuk mengatasi rasa sakit tetapi kelompok kedua juga diminta untuk duduk di sauna setiap hari.

Setelah sebulan, kedua kelompok menunjukkan penurunan rasa sakit, tetapi kelompok sauna mengalami kelegaan yang lebih besar dan, sebagai bonus tambahan, juga melaporkan lebih sedikit kemarahan tentang situasi mereka, menurut hasil yang diterbitkan dalam Psikoterapi dan Psikosomatik.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE