STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Bikin Tidak Percaya Diri, Ini 5 Dampak Negatif Tidak Menjaga Kebersihan Diri

Dian Aprilia | Beautynesia
Minggu, 23 May 2021 19:00 WIB
Bikin Tidak Percaya Diri, Ini 5 Dampak Negatif Tidak Menjaga Kebersihan Diri

Menjaga kebersihan diri adalah salah satu pilar utama untuk menjaga kesehatan. Sebagai contoh, jika kamu tidak rajin cuci tangan di era pandemi saat ini, kamu akan lebih mudah tertular virus corona. Untuk itu, menjaga kebersihan diri sama pentingnya dengan berolahraga teratur, makan-makanan bergizi dan juga tidur cukup.  

Namun masalah kebersihan diri ini juga sering disepelekan entah karena alasan malas atau berbagai alasan lainnya. Hal ini rentan menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang bikin kita tidak percaya diri. Berikut beautynesia.id telah merangkum 5 dampak negatif tidak menjaga kebersihan diri.

Bau Badan

Bau badan
Bau badan/pexels.com

Masalah kebersihan diri yang sering dijumpai adalah bau badan. Bau badan membuat seseorang merasa minder dan terisolasi secara sosial. Hal ini disebabkan orang-orang sekitar menjadi tidak nyaman dan terganggu karena bau badan yang menyengat.

Masalah ini disebabkan karena percampuran antara keringat dan bakteri yang menumpuk di permukaan kulit. Malas mandi adalah salah satu pemicu utama kondisi ini. Oleh sebab itu, usahakan untuk mandi dua kali sehari guna menjaga kebersihan tubuh dan menghindari bau badan.

Bau Mulut

Halitosis
Halitosis/pexels.com

Masalah kedua yang juga sering dialami mereka yang tidak menjaga kebersihan diri adalah bau mulut. Memang bau mulut tidak selalu karena kelalaian membersihkan mulut, melainkan juga bisa karena masalah pencernaan atau penyakit kronis lainnya.

Masalah ini juga rentan membuat pelaku merasa tidak nyaman dan tidak percaya diri saat harus berbicara dekat dengan orang lain. Untuk itu, usahakan untuk menggosok gigi secara teratur, yakni dua kali sehari, menggunakan obat kumur, menyikat lidah, dan memeriksakan gigi dan mulut secara berkala.

Influenza

Influenza
Influenza/pexels.com

Influenza juga bisa disebabkan karena kebiasaan buruk dalam menjaga kebersihan diri. Diantaranya adalah malas mencuci tangan, menutup mulut saat bersin, menyimpan tisu kotor di tas, membiarkan permukaan meja kotor dan lainnya.

Jika dialami dalam waktu yang lama, hal ini juga bakal bikin percaya diri kamu menurun. Apalagi kalau kamu sering mengeluarkan ingus saat sedang di tempat ramai. Untuk itu, usahakan senantiasa menjaga kebersihan diri dan lingkunganmu agar terhindari dari Influenza. Sebaiknya lengkapi juga dengan konsumsi vitamin dan suplemen tambahan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Kutu Rambut

Rambut
Rambut/pexels.com

Abai menjaga kebersihan diri juga bisa menyebabkan kamu memiliki kutu rambut. Kutu rambut biasanya akan menular melalui kontak langsung dari kepala penderita. Namun hal ini bisa diatasi dengan menjaga kebersihan rambut seperti rajin keramas dan hindari penggunaan topi atau hijab yang kotor. Kutu rambut juga sering bikin penderitanya tidak percaya diri. Apalagi jika kondisi ini diketahui oleh teman atau lingkungan sekitarnya.  

Gatal-gatal pada Kulit

Masalah kulit
Masalah kulit/pexels.com

Masalah gatal-gatal di kulit bisa terjadi jika kamu malas mandi. Sebab saat kamu jarang mandi akan membuat kuman, bakteri, debu dan kotoran menumpuk di tubuh. Alhasil memicu rasa gatal di kulit dan bahkan menyebabkan infeksi. Seperti halnya kurap, jamur, panu, jerawat dan lain sebagainya. Untuk itu, pastikan kamu mandi setiap dua kali sehari, rajin cuci tangan dan memperhatikan kebersihan kulit.

(arm2/arm2)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE