STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Alasan Kenapa Stres Bisa Pengaruhi Kesehatan dan Kecantikan Kulit, Berikut Penjelasannya

Deviena Nur Fadillah | Beautynesia
Kamis, 18 Aug 2022 20:30 WIB
Alasan Kenapa Stres Bisa Pengaruhi Kesehatan dan Kecantikan Kulit, Berikut Penjelasannya

Saat kita mengalami stres, bisa itu karena tekanan deadline tugas yang menumpuk, atau stres karena pekerjaan, maka itu bisa mempengaruhi ke fisik kamu juga.

Misalnya pundak dan leher jadi terasa tegang. Namun mengutip webMD, stres bisa memberi pengaruh ke seluruh tubuh, termasuk ke rambut, kuku, dan kulit lho, Beauties.

Dampak Stres Bagi Kulit

Stres bisa memperburuk masalah kulit./Foto:Freepik.com/freepik
Stres bisa memperburuk masalah kulit./Foto:Freepik.com/freepik

Masih dikutip dari laman yang sama, stres bisa sebabkan respon kimia pada tubuh yang sebabkan kulit menjadi lebih sensitif dan reaktif. Hal ini juga termasuk akan menyebabkan kulit yang lagi bermasalah, akan sembuh lebih lama. Misalnya memperburuk psoriasis, rosacea, dan eksim.

Pernahkah kamu perhatikan, kulit wajah jadi breakout sewaktu lagi stres? Hal ini dapat terjadi karena stres membuat tubuh memproduksi hormon kortisol, yang bisa membuat kulitmu jadi lebih berminyak, sehingga memicu muncul jerawat dan berbagai masalah kulit lainnya.

Dampak stres juga cenderung bisa membuat kamu skip melakukan banyak hal, seperti melewatkan waktu makan, hingga malas melakukan perawatan kulit, yang kemudian bisa memperburuk masalah kulit, Beauties.

Kiat Meminimalisir Dampak Stres pada Kulit

menikmati me time di kamar untuk relaksasi(Foto:www.freepik.com/freepik)Me time dapat meredakan stres/Foto: Freepikcom/freepik

Stres memang tidak bisa dihindari, namun ingatlah bahwa kamu bisa mengatasinya dengan cara yang lebih baik. Nah, untuk meminimaisir dampak buruk dari stres ke kulit, ini hal yang bisa kamu lakukan:

1.  Hindari untuk mengabaikan kulit. Cobalah untuk konsisten merawatnya meski kamu lelah sepanjang hari atau lagi stres.

2.  Cobalah untuk punya waktu berolahraga secara rutin. Karena itu bisa membantu melepaskan stres, sekaligus membuat tubuh bugar dan baik bagi kulit.

3. Jangan lupakan me time. Nggak perlu harus seharian atau bepergian jauh, kok. Kamu bisa melakukannya di rumah, yaitu dengan melakukan hal yang menyenangkanmu. Misalnya membaca buku selama 10 menit, atau berendam air hangat.

4. Terapkan teknik mengelola stres yang baik, seperti latihan bernapas, yoga, juga meditasi.

5. Tidurlah yang cukup setiap harinya, kira-kira 7-8 jam tiap harinya.

6. Tidak mengapa untuk mengatakan 'tidak'. Kamu juga perlu membuat batasan, alias tidak semua hal wajib kamu iyakan lho, Beauties!

7. Berbagi dengan orang yang kamu percaya. Salah satu cara agar bisa melepaskan stres adalah dengan berbagi cerita. Kamu bisa membagikannya ke orang terpercayamu atau profesional bila membutuhkan bantuan ahli.

----

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE