sign up SIGN UP

Bukan Cuma dari Suplemen, Ini Sumber-sumber Vitamin D dari Bahan Alami dan Makanan Sehari-hari

Dian Aprilia | Beautynesia
Jumat, 23 Jul 2021 14:30 WIB
Bukan Cuma dari Suplemen, Ini Sumber-sumber Vitamin D dari Bahan Alami dan Makanan Sehari-hari
caption

Vitamin D merupakan salah satu vitamin yang dibutuhkan oleh pasien Covid-19. Sebab penelitian mengungkapkan bahwa vitamin D ampuh mengurangi kemungkinan infeksi virus corona hingga 54 persen. Hal ini bisa didapatkan jika tubuh memiliki kadar vitamin D yang optimal.

Sumber vitamin D bisa didapatkan dari alam, sumber makanan ataupun tablet vit D 1000 IU. Ada berbagai merek tablet vit D 1000 IU yang bisa kamu temukan di apotek terdekat. Bagi pasien Covid-19, vit D 1000 IU berguna untuk menurunkan risiko infeksi saluran pernafasan. Harga vitamin D bermacam-macam ada yang dijual sekitar Rp150 ribu hingga Rp250 ribu.

Selain dari vit D 1000 IU, pasien Covid-19 juga bisa mendapat vitamin D dari berbagai sumber alami berikut ini.

Sinar Matahari

Sumber vitamin D
Sumber vitamin D/pexels.com/Lukas

Sinar matahari adalah elemen penting untuk pembentukan vitamin D. Pembentukan vitamin D bisa didapatkan pada paparan sinar matahari pagi sejak terbit hingga jam 09.00 dan sore jam 15.00 hingga matahari terbenam.

Ikan

Ikan merupakan salah satu sumber vitamin D yang mudah kita temukan sehari-hari. Bahkan sebagian orang sudah terbiasa menjadikan ikan sebagai menu makan sehari-hari.

Ada berbagai jenis ikan yang memiliki kandungan vitamin D tinggi Di antaranya adalah ikan salmon, ikan sarden, ikan tuna, minyak hati ikan kod, dan lainnya. Jadi bagi kamu yang ingin mendapat vitamin D dari makanan alami, kamu bisa mulai mengisi menu harian dengan berbagai jenis ikan.

Susu

Sumber vitamin D
Sumber vitamin D/pexels.com/ROMAN ODINTSOV

Selain ikan, susu sapi dan susu kedelai merupakan jenis susu yang mengandung vitamin D. Segelas susu sapi bisa memenuhi kebutuhan vitamin D harian hingga 15-22 persen. Sementara itu, segelas susu kedelai bisa memenuhi kebutuhan vitamin D sebesar 13-15 persen.

Jadi, bagi kamu yang khawatir kekurangan vitamin D harian dan tidak ingin ribet memasak makanan. Susu bisa menjadi alternatif minuman harian bisa memenuhi kebutuhan vitamin D. Kamu bisa membeli susu kemasan atau susu kedelai dan susu sapi asli.

Jamur

Selanjutnya sumber makanan yang mengandung vitamin D adalah jamur. Berbeda dengan hewan yang bisa menghasilkan vitamin D3, jamur hanya bisa menghasilkan vitamin D2. Ada berbagai jamur yang kaya dengan vitamin D, di antaranya adalah jamur maitake, jamur kancing, jamur shitake dan lainnya.

Kuning Telur

Sumber vitamin D
Sumber vitamin D/pexels.com/Klaus Nielsen

Selanjutnya, kuning telur juga termasuk sumber vitamin D yang cukup mudah dijumpai. Telur juga merupakan makanan yang sering dikonsumsi sehari-hari. Dalam satu butir kuning telur, kamu bisa memenuhi kebutuhan vitamin D harian sebesar 5%.

Oatmeal

Selain bagus untuk diet dan menurunkan kolesterol, oatmeal termasuk makanan yang juga kaya dengan vitamin D. Dalam segelas oatmeal, kamu bisa memenuhi kebutuhan vitamin D hingga 17 persen. Kamu bisa mengonsumsinya dengan tambahan topping yang segar seperti buah-buahan, susu, dan lainnya.

Itulah berbagai sumber alami dan sumber makanan dan minuman yang merupakan sumber vitamin D. Kamu bisa menimbang lebih baik mengeluarkan uang untuk bayar harga vitamin D atau kah membeli berbagai makanan alami yang efektif penuhi kebutuhan vitamin D.  

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id