sign up SIGN UP

6 Jurus Ampuh Tingkatkan Imunitas Tubuh untuk Lawan Virus Corona di Musim Pancaroba

Shinta Nikmah | Rabu, 14 Jul 2021 13:00 WIB
6 Jurus Ampuh Tingkatkan Imunitas Tubuh untuk Lawan Virus Corona di Musim Pancaroba
caption

Indonesia saat ini tengah berada di musim pancaroba, yang ditandai dengan fenomena cuaca yang tidak menentu. Dilansir dari CNN Indonesia, ternyata fenomena tersebut lumrah terjadi ketika pergantian musim dari hujan ke kemarau.

Di musim pancaroba biasanya bakteri dan virus akan mudah berkembang dan menyerang sistem imun kita, termasuk virus corona yang saat ini kasusnya masih meningkat. Agar terhindar dari virus corona di musim pancaroba ini, kamu perlu meningkatkan imun tubuh dengan 6 cara berikut.

Menambah Asupan Makanan Bergizi

makanan
Konsumsi makanan bergizi/ Foto: freepik.com

Dikutip dari detikHealth, asupan gizi yang baik sangat penting agar tak mudah terserang penyakit terutama di pandemi virus corona seperti saat ini. Makanan bergizi merupakan sumber nutrisi yang baik untuk membantu kinerja organ-organ dalam tubuh sehingga organ dalam tubuh bisa bekerja dengan baik untuk melindungi tubuh dari serangan virus.

Nutrisi yang baik untuk tubuh bisa kamu peroleh dari konsumsi sayur, buah, daging, ikan, dan protein nabati. Akan tetapi kamu juga perlu memperhatikan cara pengolahan bahan makanan tersebut agar vitamin yang terkandung tidak hilang.

Perbanyak Minum Air Putih

Minum air putih
Perbanyak minum air putih/ Foto: freepik.com

Minuman terbaik bagi tubuh adalah air putih yang mengandung 0 kalori dan bisa langsung diproses dalam sistem pencernaan. Air putih berperan penting dalam menjaga suhu tubuh dan membantu membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh.

Jika tubuh kekurangan air, maka organ-organ dalam tubuh tidak bisa bekerja dengan baik sehingga kamu mudah terserang virus. Maka dari itu, mulai sekarang kamu perlu rutin minum air putih minimal 2 liter per hari. 

Rutin Olahraga

Olahraga
Olahraga untuk meningkatkan imun/ Foto: freepik.com

Saat pandemi corona seperti ini biasanya kamu memiliki lebih banyak waktu di rumah karena pembatasan kegiatan. Nah, tak ada salahnya kamu menggunakan waktu luang tersebut untuk mulai menggerakkan badan agar sendi-sendi tidak kaku. 

Olahraga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Selain memelihara fungsi organ dalam tubuh, olahraga bisa meningkatkan kinerja sel darah putih sehingga kekebalan tubuh bisa meningkat.

Kamu bisa rutinkan olahraga 20-30 menit tiap hari. Jika belum terbiasa berolahraga, kamu bisa mulai dengan olahraga ringan seperti jalan kaki atau yoga.

Berjemur di Pagi Hari

Sun bathing
Berjemur di bawah matahari/ Foto: freepik.com

Ketika musim pancaroba tiba, kamu akan banyak menjumpai cuaca cerah dengan cahaya matahari yang intens. Waktu-waktu tersebut bisa kamu manfaatkan untuk berjemur. 

Meski tidak bisa membunuh virus corona secara langsung, nyatanya berjemur di pagi hari bisa merangsang produksi vitamin D dan meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh.

Waktu yang tepat untuk berjemur adalah di bawah jam 10.00 pagi. Tidak perlu terlalu lama, kamu bisa berjemur dalam waktu 5-15 menit. 

Istirahat dengan Cukup

sleep well
Cukup tidur/ Foto: freepik.com

Tidur merupakan kebutuhan yang wajib dipenuhi untuk menjaga kesehatan organ-organ dalam tubuh terutama otak dan jantung. Selain itu, tidur juga berpengaruh terhadap kekebalan dalam tubuh.

Selama tidur, tubuh akan memproduksi senyawa sitokin yang berfungsi memberikan perlindungan terhadap sistem imun. Maka tidak heran jika kurang tidur bisa membuat sistem imun tubuh menurun dan mudah terserang penyakit.

Mulai sekarang jangan suka begadang lagi ya, Beauties.

Kelola Stres dengan Baik

stres
Kelola stres dengan baik/ Foto: freepik.com

Beauties, stres yang berlebih bisa menurunkan imun tubuh lho. Stres bisa ditimbulkan oleh banyak faktor seperti kelelahan, banyak tekanan, berpikiran negatif, dan sebab lainnya. Segala faktor pemicu stres tersebut bisa memengaruhi sistem imun tubuh sehingga tubuhmu semakin mudah terkena virus dan bakteri.

Jika kamu mulai menyadari adanya faktor pemicu stres, segera atasi dengan selalu berpikir positif dan menerapkan pola hidup sehat. Sebab pikiran yang sehat menjadikan tubuh sehat dan daya tahan tubuh kuat.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id