sign up SIGN UP

Bukan Cuma Kondisi Mulut yang Kering, Ini Juga yang Bikin Bau Mulut!

Fina Prichilia | Beautynesia
Kamis, 24 Jun 2021 16:00 WIB
Bukan Cuma Kondisi Mulut yang Kering, Ini Juga yang Bikin Bau Mulut!
caption
Jakarta -

Bau mulut memang bikin kita nggak pede saat mesti bicara dengan orang lain. Bahkan pada kondisi sekarang yang mengharuskan kita pakai masker tiap hari, diri kita sendiri pun bisa saja, juga terganggu dengan bau mulut sendiri!

Kamu pernah mengalaminya juga nggak, Ladies? Lalu, apa saja sih sebenarnya yang menyebabkan mulut kita terasa bau? Berikut uraiannya.

Jika kamu tidak menyikat dan membersihkan gigi setiap hari, partikel makanan akan tetap berada di mulut, menyebabkan bau. Lapisan bakteri (plak) yang tidak berwarna dan lengket akan terbentuk di gigi.Ilustrasi bau mulut/ Foto: Rumaysha Milhania

1. Mulut kering

Kondisi mulut yang kering memang bisa sebabkan bau pada mulut. Hal ini biasanya terjadi ketika produksi air liur yang mestinya bertugas sebagai pembersih alami mulut, kinerjanya sedang melambat.

Kalau kamu kurang minum air, tidur dengan mulut terbuka, cuaca memang sedang panas dan kering, mengonsumsi makanan kering, atau efek samping pengobatan, maka tak heran mulutmu menjadi kering.

2. Diet rendah karbohidrat

Bila kamu lagi program diet dan hanya makan makanan dengan rendah karbohidrat, maka tak heran bikin aroma napasmu tak sedap. Alasannya kondisi tersebut bisa menyebabkan kondisi ketosis, yaitu saat energi muncul dari zat keton yang menghasilkan napas yang bau.

Ilustrasi Diet/Freepik.comIlustrasi Diet/Foto: Freepik.com

3. Tidak makan seharian

Hampir mirip dengan poin sebelumnya, ternyata nggak makan seharian juga bikin bau mulut. Kenapa? Karena tubuh kita jadi tak menghasilkan si pembersih alami mulut: ludah, sebagaimana biasanya.

4. Adanya penyakit

Bau mulut juga bisa menandakan adanya penyakit lho, Ladies. Di antaranya sinusitis, gigi berlubang, diabetes, penyakit asam lambung, juga penyakit ginjal.

Untuk itu, pentingnya menerapkan cek kesehatan secara berkala. Sebab bau mulut yang disebabkan penyakit seperti ini, cara mengatasinya mesti dengan pengobatan dokter.


Our Sister Site

mommyasia.id