STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Bukan Cuma Terjadi pada Anak, Kamu Sering Mimpi Buruk Saat Demam? Ini Penjelasannya!

Shinta Khoiru Nikmah | Beautynesia
Jumat, 18 Nov 2022 04:30 WIB
Bukan Cuma Terjadi pada Anak, Kamu Sering Mimpi Buruk Saat Demam? Ini Penjelasannya!
Mimpi buruk saat demam/ Foto: freepik.com/tirachardz

Beauties, ketika sedang demam banyak orang mungkin termasuk kamu yang mengalami mimpi yang tidak mengenakkan. Terlebih ketika temperatur tubuh sedang sangat tinggi, biasanya kamu bermimpi buruk sehingga membuatmu bangun dengan terkejut.

Saking buruknya, mimpi tersebut terkadang membawa ketakutan tersendiri ketika kamu bangun dari tidur. Seolah-olah mimpi tersebut terkesan nyata hingga kamu mengigau.

Beberapa kali mengalami hal tersebut mungkin membuatmu bertanya-tanya, mengapa mimpi buruk sering datang saat tubuh mengalami demam. Jawabannya ternyata bisa kamu dapatkan dari penjelasan berikut.

Fever Dream: Definisi dan Penyebabnya

Mimpi buruk
Mimpi buruk/ Foto: freepik.com/benzoix

Mimpi yang terjadi saat tubuh sedang mengalami demam sering disebut dengan istilah fever dream. Mimpi yang terjadi sebenarnya juga sama dengan mimpi yang kamu alami pada umumnya, yakni dari serangkaian pikiran, gambaran, dan sensasi yang terjadi saat tidur.

Lalu apa yang berbeda? Melansir dari laman Healthline, fever dream terjadi saat suhu tubuh  lebih tinggi dari biasanya. Suhu tubuh normal manusia dewasa berada di kisaran 36 - 37 derajat Celcius. Lebih tinggi 2 derajat dari suhu tersebut bisa dikatakan sedang mengalami demam. Ketika demam sering kali kamu mengalami mimpi buruk yang terkadang mengganggu tidur nyenyakmu. Padahal kamu perlu banyak beristirahat untuk memulihkan kondisi tubuh.

Penyebab fever dream sendiri masih belum diketahui secara pasti. Mengutip dari laman Time, ketika demam, suhu pada otak mengalami peningkatan dan mengganggu proses kognitif normal pada otak.

Dengan kata lain, ketika demam, otak menjadi kurang berfungsi dengan baik sehingga menghasilkan mimpi dengan kualitas yang tidak biasa dan tidak menyenangkan.  Ditambahkan lagi bahwa peneliti telah mengamati bahwa sebagian besar mimpi tampaknya terjadi selama tahap gerakan mata cepat (REM) dari siklus tidur. Maka dapat dikatakan jika demam bisa mengganggu fase tidur rapid eye movement, dan juga bisa mempengaruhi kualitas mimpi seseorang.

Agar Tidur Nyenyak Saat Sakit

Tidur nyenyak
Tidur nyenyak/ Foto: freepik.com/Lifestylememory

Ketika sakit, termasuk saat tubuh sedang demam maka kamu perlu banyak istirahat agar segera pulih. Meski terkadang tidurmu kurang nyenyak hingga bahkan bermimpi buruk, kamu bisa upayakan berbagai cara agar bisa tidur dengan nyaman.

Mengutip dari laman Medical News Today, beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar bisa tidur nyenyak saat sakit yakni:

  • Mengkonsumsi obat yang sudah kamu pastikan tidak mengandung kafein, pseudoefedrin, atau stimulan lainnya yang bisa membuatmu justru terjaga. 
  • Hindari mengkonsumsi alkohol.
  • Posisikan bantal atau kepala lebih tinggi dari biasanya untuk mengurangi gangguan pernapasan.
  • Gunakan humidifier atau vaporizer di dalam kamar tidur untuk menjaga kelembapan udara.
  • Buatlah kamar tidur senyaman mungkin dengan menyediakan selimut dan mengatur suhu ruangan agar tidak terlalu dingin atau terlalu panas.
  • Jaga tubuh tetap terhidrasi dengan mencukupi asupan minum air putih.

Kamu juga bisa tambahkan waktu tidur satu jam lebih lama dari biasanya agar tubuh lekas pulih. Tidur siang juga bisa kamu lakukan jika dirasa perlu. Yang terpenting kualitas tidur bisa terjaga sehingga kamu lebih cepat sembuh dari sakit.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE