sign up SIGN UP

Bukan Cuma Waktu Berjemur, 5 Hal Ini Perlu Diperhatikan Agar Manfaat Berjemur Dapat Terasa Maksimal

Zeyra Haya | Beautynesia
Sabtu, 31 Jul 2021 11:15 WIB
Bukan Cuma Waktu Berjemur, 5 Hal Ini Perlu Diperhatikan Agar Manfaat Berjemur Dapat Terasa Maksimal
caption

Selain menjaga pola makan, dalam kondisi pandemi seperti saat ini tentu diperlukan juga pola hidup yang sehat. Berbagai kegiatan untuk mendukung pola hidup sehat seperti berolahraga dan berjemur menjadi penting untuk kita lakukan secara rutin.

Berjemur dapat membantu tubuh untuk melakukan metabolisme vitamin D secara maksimal, sehingga fungsi otot dan saraf dapat terjaga dengan baik. Di samping itu, vitamin D juga dapat membantu pembentukan sistem imun, sehingga berjemur menjadi kegiatan yang perlu dilakukan agar tubuh dapat terhindar dari berbagai serangan virus.

Manfaat berjemur untuk tubuh/Foto: pexels.com
(Manfaat berjemur untuk tubuh/Foto: pexels.com)

Agar mendapat hasil yang maksimal, kegiatan berjemur tidak boleh dilakukan secara sembarangan nih, Beauties! Menentukan waktu berjemur yang tepat akan membuat paparan sinar ultraviolet B lebih optimal, sehingga mendukung pula metabolisme vitamin D dalam tubuh secara maksimal. Namun selain menentukan waktu berjemur, ada hal lain yang harus diperhatikan.

Berikut adalah 5 hal yang perlu diperhatikan agar berjemur kamu dapat maksimal. Yuk simak!

1. Berat Badan

Sesuaikan lama berjemur dengan berat badan/Foto: detik.com
(Sesuaikan lama berjemur dengan berat badan/Foto: detik.com)

Berat badan menjadi salah satu penentu berapa lama kamu harus berjemur. Jika memiliki berat badan yang cukup berat, maka waktu berjemur harus semakin lama agar dapat lebih optimal.

2. Jenis Kulit

Perhatikan tipe kulit saat berjemur/Foto: freepik.com
(Perhatikan tipe kulit saat berjemur/Foto: freepik.com)

Tipe kulit dapat mempengaruhi penyerapan sinar matahari. Kulit gelap cenderung akan lebih lambat menyerap sinar matahari dibandingkan dengan kulit terang. Jenis kulit juga menentukan berapa lama kamu harus berjemur. Jika memiliki jenis kulit gelap, maka perlu waktu yang lebih lama untuk berjemur.

3. Umur

Perlukah lansia berjemur?/Foto: freepik.com
(Perlukah lansia berjemur?/Foto: freepik.com)

Semakin memasuki usia lanjut, fungsi tubuh dalam membentuk vitamin D akan semakin berkurang. Untuk itu, bagi para lansia tidak diperlukan waktu berjemur yang lama karena malah akan beresiko mengalami kulit terbakar. Asupan vitamin D sebaiknya dikonsumsi melalui suplemen dan makanan-makanan sehat saja.

4. Sunscreen

Penggunaan sunscreen saat berjemur/Foto: freepik.com
(Penggunaan sunscreen saat berjemur/Foto: freepik.com)

Para ahli kedokteran tidak menyarankan penggunaan sunscreen atau sunblock saat berjemur. Untuk itu agar menghindari kulit terbakar, pilihlah waktu berjemur yang tepat dan batasi waktu berjemur sesuai kebutuhan.

5. Pakaian

Pakaian untuk berjemur/Foto: freepik.com
(Pakaian untuk berjemur/Foto: freepik.com)

Berjemur akan memberikan manfaat optimal jika 85 persen dari bagian tubuh dapat terpapar sinar matahari. Namun, bukan berarti kita harus buka-bukaan saat berjemur. Perlu disesuaikan pula pakaian dengan lingkungan tempat kita berjemur.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan agar manfaat berjemur dapat maksimal. Jadi, berapa lama kamu biasa berjemur dalam sehari?

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id