BILLBOARD
970x250

Bukan Jorok, Justru Hal-hal Ini Menandakan Tubuh Sehat Setelah Bangun Tidur

Fahira Mahza | Beautynesia
Minggu, 24 Jan 2021 09:30 WIB
Bukan Jorok, Justru Hal-hal Ini Menandakan Tubuh Sehat Setelah Bangun Tidur

Tubuh manusia membutuhkan istirahat yang cukup untuk mengisi kembali energi yang telah terkuras seharian. Tidur merupakan bentuk istirahat yang pasti dilakukan dan tentunya memiliki banyak manfaat. Saat tidur banyak reaksi kimia yang terjadi dalam tubuh untuk menstimulus kesehatan.

Ketika bangun di pagi hari reaksi-reaksi yang terjadi saat tidur menyebabkan beberapa orang terkesan punya kebiasan jorok seperti sendawa ataupun kentut. Namun, ternyata hal-hal yang dianggap jorok tersebut sebenarnya menandakan fisik yang sehat loh.

1. Kerak mata

Kerak mata
Kerak mata/foto: freepik.com

Salah satu hal yang biasa dialami saat bangun tidur yaitu adanya kotoran mata atau yang biasa kita sebut belek maupun kerak mata. Ternyata adanya belek ini merupakan tanda bahwa tidurmu berkualitas dan cukup. Belek merupakan kombinasi dari debu, lendir alami dan sel-sel kulit. Kemudian ia bercampur dengan air mata saat tertidur. Adanya kotoran mata ini berarti mata kamu terlindungi dan bekerja dengan baik walaupun sedang tidur.

2. Urin berwarna gelap

Urin gelap
Urin gelap/foto: freepik.com

Setelah bangun tidur biasanya kita akan langsung ke kamar mandi untuk buang air kecil. Biasanya saat itu urin berwarna lebih gelap yang menunjukkan bahwa tubuh kekurangan cairan. Namun, hal itu sebenarnya menunjukkan bahwa tubuh sehat. Tubuh melepaskan hormon tertentu saat tidur dan membiarkan ginjal istirahat.

3. Kentut

Kentut
Kentut/foto: freepik.com

Kentut mungkin terkesan jorok dan menjijikkan apalagi jika kamu tak tidur sendirian. Tapi jangan salah, ternyata kentut di pagi hari merupakan tanda bahwa sistem pencernaanmu lancar dan normal. Hal ini menunjukkan bahwa kamu sudah cukup mengkonsumsi buah dan sayuran.

4. Bau mulut

Bau mulut
Bau mulut/foto: freepik.com

Apakah kamu sering merasa bau mulut ketika bangun tidur? Jangan risau, itu merupakan reaksi alami dari tubuh saat kamu tertidur lelap. Saat tertidur air liur di dalam mulut menghilangkan bakteri dan menyebabkan mulut menjadi kering sehingga bakteri menumpuk di lidah dan gigi yang menyebabkan bau mulut. Tapi jika kamu rajin membersihkan gigi maka bau mulut di pagi hari adalah hal yang wajar.

5. Sendawa

Sendawa
Sendawa/foto: freepik.com

Jika kamu sendawa di pagi hari atau setelah bangun tidur ini juga mengartikan bahwa sistem pencernaanmu sehat. Ini merupakan respon alami tubuh yang terjadi saat perut bekerja untuk mencerna makananan ketika terlelap. Karena itu reaksi saat pagi hari adalah bersendawa yang bertujuan untuk mengeluarkan udara dalam perut.

Jika kamu mengalami hal-hal tersebut saat bangun tidur itu menandakan bahwa tubuhmu sehat. Jadi, kamu tidak perlu khawatir dan yang paling penting adalah untuk menjaga kebersihan serta penuhi cairan sebelum tidur.

(arm2/arm2)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE