STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Cara Hindari Penyebaran Virus Corona di Tempat Kerja

Jovita | Beautynesia
Kamis, 04 Jun 2020 13:00 WIB
Cara Hindari Penyebaran Virus Corona di Tempat Kerja

Pasti ada keresahan dan kecemasan masyarakat mengenai pemberlakuan kebijakan new normal di Indonesia. Banyak masyarakat yang masih mengkhawatirkan risiko penularan virus COVID-19 yang masih fluktuatif. Untuk itu, ada beberapa pedoman dari WHO tentang cara menghindari penyebaran virus corona, Ladies. Berikut informasinya!

1. Pastikan ruang kerjamu tetap bersih

image
Light/Pixabay.com

Cara hindari penyebaran virus corona di tempat kerja yang pertama adalah dengan menjaga kebersihan ruang kerjamu. WHO menjelaskan bahwa cara ampuh untuk mencegah penularan virus Corona sangatlah sederhana, yaitu dengan memastikan kebersihan lingkungan sekitar.

Dalam lingkungan kerja, kebersihan bisa dijaga dengan rutin membersihkan meja dengan desinfektan dan menggunakan pembersih tangan setiap kali kamu menggunakan peralatan dan fasilitas umum. Cukup mudah, bukan?

2. Selalu sedia tisu dan masker

image
Flu/Freepik.com

Cara hindari penyebaran virus corona di tempat kerja yang tidak kalah penting adalah dengan selalu menyediakan tisu, masker, dan hand sanitizer kemanapun kamu pergi, termasuk saat pergi bekerja. Gunakan masker saat akan menemui banyak orang di kantor, seperti saat meeting atau dalam kegiatan internal lainnya. 

Saat ada rekan kerja yang sedang tidak enak badan dan menunjukkan gejala flu, segera sarankan dia untuk menggunakan masker dan berikan tisu jika diperlukan. Pastikan juga kamu memiliki tempat sampah tertutup di ruang kerja. Buang semua limbah dan kotoran yang ada ke dalamnya agar tidak menyebarkan bakteri maupun virus dalam ruangan.


3. Tingkatkan kesadaran orang-orang akan virus corona

image
Wash Hands/Pixabay.com

Selanjutnya, cara hindari penyebaran virus COVID-19 adalah dengan meningkatkan kesadaran orang akan bahaya dari virus jenis baru ini. Virus corona jenis baru tersebut sangatlah berbahaya dan mematikan.

Kamu bisa bantu ingatkan rekan kerja untuk memperhatikan dan menjaga selalu kebersihannya dengan rajin mencuci tangan dan menjaga jarak. Bila diperlukan, pajanglah poster yang mempromosikan pentingnya menjaga kebersihan.

Kombinasikan itu dengan langkah-langkah konkret lainnya. Misalnya, menawarkan panduan dari petugas kesehatan dan keselamatan kerja, pengarahan di setiap meeting, dan berbagai kesempatan lainnya.

4. Istirahatkan tubuh saat sedang tidak fit

image
Woman/Pixabay.com

Salah satu cara cepat penyebaran virus adalah melalui batuk atau bersin. Jadi, jika kamu mengalami kondisi flu atau tidak enak badan, beristirahatlah di rumah dan minum obat yang dianjurkan, ya. Jangan lupa memeriksakan diri ke dokter.

Sangat penting untuk menggunakan masker bagi kamu yang sedang dalam kondisi tidak fit. Hal ini berguna untuk mengurangi penyebaran virus, baik virus COVID-19 maupun virus lainnya.

5. Hindari berpergian sementara waktu

image
Airport/Pixabay.com

WHO menghimbau masyarakat untuk tidak bepergian ke luar negeri sementara waktu, termasuk untuk urusan kerja. Jika memang diharuskan, sebaiknya perusahaan memastikan orang yang akan pergi adalah orang yang dalam kondisi sehat. Perlu juga mengecek sebelumnya daftar area yang sudah terkena wabah virus corona (bisa dilihat melalui situs resmi milik WHO).

Seseorang yang kembali dari bepergian di area tempat COVID-19 juga harus memantau diri sendiri untuk mengetahui gejala selama 14 hari. Jika didapatkan menderita batuk ringan atau demam ringan (dengan suhu tubuh 37,3 derajat Celcius atau lebih), orang tersebut harus tinggal di rumah dan mengasingkan diri, menghindari kontak dekat (1 meter atau bahkan lebih dekat) dengan orang lain, termasuk semua anggota keluarga. 

Selain itu, orang tersebut juga harus menelepon penyedia layanan kesehatan atau departemen kesehatan masyarakat setempat dengan memberikan rincian perjalanan mereka dan gejala yang baru-baru ini dirasakan. 

(hld/hld)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE