STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Cara Mengelola Diri Supaya Tetap Bisa Tenang dan Tidak Mudah Meledak-ledak

Devita Tri Hapsari | Beautynesia
Selasa, 08 Nov 2022 07:45 WIB
Cara Mengelola Diri Supaya Tetap Bisa Tenang dan Tidak Mudah Meledak-ledak

Setiap orang memiliki berbagai macam emosi di dalam dirinya, salah satunya marah atau sering dibilang emosian. Orang yang emosian dinilai sangat mudah tersulut amarahnya dan perlu bisa kontrol emosi agar tidak menyebabkan masalah.

Tentu saja bagi Beauties yang cenderung memiliki sifat sensitif dan 'mudah tersenggol', mungkin berusaha sebisa mungkin untuk tidak seharusnya mengikuti emosi itu. Yuk, belajar mengatur amarah dan tetap kalem dengan cara ini:

1. Berpikir Dulu Sebelum Berbicara

Perempuan sedang berpikir
Berpikir sebelum bicara/ foto: Freepik/ Racool_studio

Orang yang sedang marah biasanya langsung mengatakan hal-hal yang membuatnya tidak suka atau malah memaki-maki dengan kata-kata yang kasar. Perilaku itu tidak sadar bisa menyakiti perasaan lawan bicaranya dan membuat keadaan semakin rumit. 

Mengutip dari Mayo Clinic, daripada harus menyesal setelah amarahnya mereda, lebih baik berusaha untuk berpikir terlebih dahulu sebelum berbicara. Ajak lawan bicaramu juga melakukan hal yang sama ketika ia juga sedang marah.

2. Katakan Apa Masalahnya Ketika Kepala Sudah Dingin

Perempuan sedang menelpon
Berbicara ketika marah reda/ foto: Freepik/ DCstudio

Sebaiknya hindari mengeluhkan sebuah masalah kepada orang lain ketika kepala masih panas. Karena berpotensi hanya memperumit keadaan dan menambah panas suasana. Berbicaralah ketika sudah tenang, secara baik-baik, tidak memojokkan, ataupun berusaha mengontrol orang lain.

3. Tarik Napas Panjang dan Hembuskan 

Perempuan sedang pose yoga
Tarik nafas, hembuskan/ foto: Freepik/ drobotdean

Mengutip dari Healthline, menarik napas panjang bisa membantu Beauties untuk meredakan amarah dan mengontrol emosi. Saat sedang emosi, napas juga secara tidak sadar lebih cepat dari biasanya. Jadi, dengan menarik napas dan menghembuskannya bisa membuat napasmu normal dan perlahan-lahan amarahnya pun hilang.

4. Menghitung Angka

Perempuan sedang menghitung
Menghitung angka/ foto: Freepik/ Kues1

Ketika seseorang marah, detak jantungnya juga akan semakin cepat. Untuk memperlambat detak jantung, Beauties bisa coba menghitung dari 1 hingga 100 atau sampai diri sendiri mulai tenang dan tidak marah lagi.

5. Cari Tahu Sumber Kemarahan Beauties

Marah
Cari tahu sumber kemarahan/ foto: Freepik/ Cookie_Studio

Dikutip dari Very Well Mind, mencari tahu sumber kemarahan juga perlu untuk menghindari emosi tidak terkendali muncul. Pelajari kira-kira hal apa yang membuat Beauties tersenggol. Lalu cobalah untuk mengatasinya perlahan-lahan.

Itulah lima cara yang bisa membantu kamu mengontrol amarah sehingga tidak menyakiti orang lain maupun diri sendiri. Jangan lupa bahagia!

--

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.