STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Cek! 6 Tanda Ginjal Kamu Nggak Sehat: Mulai dari Kulit Kering Gatal hingga Otot Sering Kram

Fina Prichilia | Beautynesia
Senin, 07 Feb 2022 19:45 WIB
Cek! 6 Tanda Ginjal Kamu Nggak Sehat: Mulai dari Kulit Kering Gatal hingga Otot Sering Kram

Ada beberapa tanda kalau ginjal kita lagi nggak sehat, yang bisa diketahui lewat keluhan pada anggota tubuh lainnya. Bila gangguan ini dibiarkan berlarut-larut, gangguan pada ginjal tentu bisa menyebabkan komplikasi serius, Beauties.

Kerja dari ginjal itu sendiri memang dikenal 'cukup sibuk', Beauties. Yaitu menyaring darah, memisahkan limbah yang beracun dan cairan ekstra dari tubuh, memproduksi hormon serta enzim, mempertahankan mineral, serta menjaga tulang tetap kuat.

Berikut beberapa tanda bahwa ginjal kamu lagi nggak sehat:

Kulit Kering dan Gatal

ebuah penelitian menunjukkan bahwa stres dapat memicu timbulnya ruam pada kulit dan itu karena kadar kortisol yang lebih tinggi sehingga menyebabkan peradangan dan timbul gatal-gatal.Kulit gatal. /freepik.com/

Menurut dr. Joseph Vassalotti, seorang kepala medis di National Kidney Foundation di AS, kulit kering dan gatal bisa jadi jadi pertanda ginjal tidak sehat. Pasalnya menjadi sinyal mineral dalam darah tak seimbang, yang kerap dihubungkan dengan penyakit ginjal stadium lanjut.

Nafsu Makan Menurun

Hal ini rupanya cukup umum ditemui, dikarenakan penumpukan racun dalam tubuh sehingga membuat penurunan fungsi ginjal. Inilah yang membuat orang dengan ginjal tak sehat kerap mendapati makanan yang biasa dimakan, rasanya jadi berbeda atau tidak enak.

Otot Sering Kram

Orgasme dapat menyebabkan tubuh melepaskan endorfin dan hormon lain yang dapat membantu meredakan sakit kepala, punggung, dan kaki. Mereka juga dapat membantu nyeri radang sendi dan kram menstruasi.Kram otot. / Sumber: Freepik.com

Kok otot sering banget kram, ya? Waspada, ketidakseimbangan elektrolit pada tubuh bisa terjadi karena terganggunya fungsi ginjal. Akibatnya beberapa nutrisi mengalami penurunan yang mencetus kram otot.

Bengkak di Pergelangan Kaki dan Kaki

Kaki, lengan, tangan, serta wajah adalah beberapa bagian tubuh yang rentan mengalami pembengkakan bila ada masalah pada ginjal. Ya, fungsi ginjal yang menurun sebabkan terjadi retensi natrium.

Urine Berbusa

Ditemukannya busa pada urine merupakan tanda fungsi ginjal yang terganggu, demikian dikutip dari National Kidney Foundation. Itu berarti ada protein dalam urine yang merupakan albumin.

Bengkak di Area Mata

Mata juga tak luput dari pembengkakan. Ini karena ginjal membocorkan protein pada darah, sehingga mengakibatkan bengkak di tubuh dan salah satunya mata.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE