sign up SIGN UP

Cocok untuk Diet, Ini 4 Camilan Sehat Rendah Kalori yang Bisa Kamu Nikmati

Putri Rizki Aulika | Beautynesia
Sabtu, 16 Apr 2022 04:30 WIB
Cocok untuk Diet, Ini 4 Camilan Sehat Rendah Kalori yang Bisa Kamu Nikmati
caption
Jakarta -

Beauties, menjalani diet bukan berarti kamu tidak bisa makan camilan. Kamu tetap bisa makan camilan dengan lebih bijak memilih yang sehat.

Namun, menentukan pilihan untuk mengonsumsi camilan yang memberikan nutrisi, energi, dan zat gizi pada tubuh terkadang mungkin membuatmu kebingungan.

Nah, dilansir dari US News, ada beberapa rekomendasi camilan sehat rendah kalori yang bisa menjadi pilihan untuk kamu nikmati saat diet. Apa saja, sih? Simak, yuk!

Mashed Avocado

Mashed avocado/Foto: Freepik.com/valeria_aksakova
Mashed avocado/Foto: Freepik.com/valeria_aksakova

Lemak sehat yang terkandung di dalam buah alpukat berperan untuk mengendalikan kadar kolesterol sehingga dapat membantu kamu tetap merasa kenyang. Tak hanya bisa langsung dimakan, alpukat juga mudah diolah menjadi berbagai santapan lezat lainnya.

Untuk membuat alpukat menjadi camilan sehat rendah kalori, kamu bisa mengolahnya menjadi mashed avocado. Kamu cukup memerlukan alpukat yang sudah dikupas dan buang bijinya.

Hancurkan alpukat di dalam mangkuk menggunakan sendok hingga halus. Kamu bisa menambahkan bubuk kakao tanpa pemanis dan sedikit madu atau stevia pengganti gula.

Edamame

Edamame/Foto: Pexels.com/cottonbro
Edamame/Foto: Pexels.com/cottonbro

Beauties, apakah kamu sebelumnya pernah mengonsumsi kacang kedelai muda yang satu ini? Edamame biasanya disajikan dengan dikukus, direbus atau dipanggang sebagai camilan sehat rendah kalori. 

Kandungan edamame terdiri dari protein, karbohidrat, serat, zat besi, magnesium, kalsium, zinc, isoflavon dan vitamin A, C, E, K. Manfaat yang dapat kamu rasakan setelah rutin mengonsumsi edamame pun beragam, mulai dari menjaga berat badan agar tetap ideal, menyehatkan saluran cerna, hingga menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung.

Greek Yogurt

Greek yogurt/Foto: Freepik.com/Freepik
Greek yogurt/Foto: Freepik.com/topntp26

Greek yogurt adalah salah satu jenis yogurt bertekstur kental dan lunak. Adanya vitamin B12 dalam greek yogurt berperan membentuk sel darah merah, menjaga kesehatan jantung serta menunjang fungsi otak.

Kandungan gula yang dimiliki greek yogurt lebih rendah daripada jenis yogurt lainnya, secara otomatis total karbohidrat pun akan lebih sedikit. Oleh karena itu, greek yogurt bisa menjadi pilihan camilan sehat untuk kamu yang sedang menjalani program diet.

Chia Pudding

Chia pudding/Foto: Pexels.com/Maria Georgieva
Chia pudding/Foto: Pexels.com/Maria Georgieva

Chia seed atau biji chia termasuk salah satu jenis tanaman mint yang berasal dari tanaman Salvia hispanica. Meskipun tanaman ini ditemukan tumbuh di Meksiko dan Amerika Selatan, produk chia seed berbentuk kemasan sudah cukup banyak ditemukan di Indonesia.

Biji chia mengandung asupan serat harian yang direkomendasi karena dapat meningkatkan pencernaan, membantu menurunkan kolesterol serta menyeimbangkan kadar gula darah. Ada banyak cara untuk menyantap biji chia, salah satunya dengan mengolahnya menjadi Chia Pudding. Intip resepnya berikut ini, yuk!

Bahan-bahan:

  • 3 sdm biji chia
  • 125 ml susu cair
  • 2 sdm madu atau sirup maple (jika ingin manis)
  • Potongan buah segar sesuai selera untuk topping, seperti alpukat, anggur, srtoberi, kiwi, mangga, naga, dan lainnya.

Cara Membuat:

  • Campurkan chia seed dan susu cair ke dalam wadah, aduk rata. Lalu, masukkan ke dalam kulkas, diamkan selama semalaman.
  • Keesokan harinya, keluarkan wadah tersebut dari kulkas dan campur dengan 2 sdm madu atau sesuai selera. Selanjutnya, tambahkan topping dan sajikan.

Selain memerhatikan nutrisi dalam kandungan camilan sehat, kamu juga perlu mengonsumsi dalam porsi secukupnya, ya, Beauties! Jangan lupa pula rutin berolahraga agar tubuh sehat dan membantu meraih berat badan ideal yang diinginkan. Selamat mencoba!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id