sign up SIGN UP

Mengenal Infused Water, Minuman Sehat Menyegarkan yang Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan

Siti Kholifatun Nadiah | Beautynesia
Rabu, 06 Apr 2022 07:15 WIB
Mengenal Infused Water, Minuman Sehat Menyegarkan yang Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan
caption
Jakarta -

Jika kamu ingin menurunkan berat badan tanpa harus diet ekstra, namun tetap mencukupi kandungan nutrisi untuk tubuh maka cobalah infused water. Infused water atau air detoks adalah air yang telah diresapi dengan rasa buah-buahan, sayuran, dan rempah-rempah.

Air yang diyakini sebagai minuman sehat ini memiliki sedikit kandungan kalori dibandingkan dengan jus buah. Selain itu, minuman ini juga sangat mudah untuk dibuat di rumah lho, Beauties.

Ilustrasi infused water
Ilustrasi infused water/Foto: Freepik

Lalu, bagaimana cara membuatnya dan kombinasi buah, sayuran, atau rempah seperti apa yang bagus untuk dijadikan infused water? Berikut cara membuat infused water, minuman sehat yang bisa menurunkan berat badan. Yuk, cari tahu lebih lanjut! 

Infused Water, Minuman Sehat yang Bisa Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi perempuan berdiet
Ilustrasi diet/Foto: Freepik/ Jcomp

Melansir dari Healthline, infused water bisa membantumu dalam menurunkan berat badan. Minuman sehat ini telah terbukti untuk sementara meningkatkan tingkat metabolisme sehingga tubuhmu dapat membakar lebih banyak kalori.

Sebuah studi menemukan bahwa orang dewasa yang kelebihan berat badan dan meminum sekitar setengah liter air sebelum makan akan kehilangan berat badan sebanyak 40 persen daripada mereka yang tidak minum.

Ilustrasi infused water
Ilustrasi infused water/Foto: Freepik/Azerbaijan_Stockers

Hal ini terjadi karena adanya peningkatan metabolisme, tetapi mungkin juga karena adanya efek air pada nafsu makan. Minum air sendiri telah dikaitkan dengan mengurangi rasa lapar, jadi jika kamu meminum air sebelum makan maka ada kemungkinan untuk makan lebih sedikit.

Mengapa Harus Infused Water?

Ilustrasi infused water
Ilustrasi infused water/Foto: Pexels/Shameel Mukkath

Melansir dari Care Spot, infused water tidak hanya menarik secara estetika, tetapi juga memberikan lebih banyak vitamin dan nutrisi secara alami. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sekitar 20 persen vitamin dan nutrisi dalam buah dan sayuran tertentu dapat diserap ketika ditempatkan dalam air selama beberapa jam atau dibiarkan semalaman.

Selain dapat meningkatkan asupan vitamin, infused water juga dapat meningkatkan konsumsi air alami untuk tubuhmu. Air membantu mempercepat metabolisme tubuh, meningkatkan tingkat energi, mencegah kram, dan masih banyak lagi manfaat penting lainnya.

Kombinasi Resep Buah dan Sayuran yang Cocok Dijadikan Infused Water

Ilustrasi infused water
Ilustrasi infused water/Foto: Freepik/Topntp26

Beberapa buah-buahan dan rempah, seperti jeruk, beri, melon, jahe, dan daun mint bisa menjadi pilihan yang bagus untuk membuat infused water. Namun, jika kamu kurang suka dengan pilihan bahan tersebut, kamu bisa mencoba rekomendasi kombinasi resep berikut ini.

Berikut beberapa kombinasi resep buah, sayuran, dan rempah herba untuk infused water yang bisa kamu coba di rumah:

  • Mentimun dan mint
  • Mentimun, mint, jeruk nipis
  • Lemon dan jahe
  • Jeruk dan jahe
  • Blackberry dan jeruk
  • Blackberry, jeruk bali, dan rosemary
  • Lemon dan cabai rawit
  • Semangka dan mint
  • Jeruk bali dan rosemary
  • Jeruk dan lemon
  • Lemon dan jeruk nipis
  • Stroberi dan basil
  • Stroberi, lemon, dan basil
  • Apel dan kayu manis
  • Nanas dan kelapa
Ilustrasi lemon
Ilustrasi lemon/Foto: Pexels/Antoni Shkraba

Meskipun belum ada penelitian lebih lanjut tentang waktu yang tepat untuk meminum infused water, namun melansir dari Care Spot, direkomendasikan untuk meminum infused water segelas di pagi hari dan sebelum makan.

Bagi kamu yang memiliki riwayat penyakit maag, sebaiknya hindari menggunakan buah-buahan yang asam ya, Beauties. Hindari penggunaan buah seperti lemon untuk diminum saat pagi hari.

Cara Membuat Infused Water

Ilustrasi membuat infused water
Ilustrasi membuat infused water/Foto: Pexels/Enric Cruz López

Membuat infused water sangatlah sederhana. Berikut beberapa langkah yang bisa kamu ikuti dalam membuat infused water:

  1. Pilih buah-buahan, sayuran, dan rempah-rempah yang sesuai dengan kebutuhanmu. Semakin banyak bahan yang kamu gunakan maka semakin kuat rasanya.
  2. Potong atau hancurkan bahan-bahan tersebut.
  3. Masukkan semua bahan yang telah terpotong atau hancur ke dalam wadah kaca yang kedap udara. Bisa gelas, mason jar, kendi kaca, botol air atau kendi galon.
  4. Tambahkan air panas atau dingin (Pilih sesuai selera). 
  5. Selanjutnya, tambahkan bumbu atau rempah-rempah yang telah kamu haluskan daunnya. Ini dapat membantu melepaskan ekstrak dan minyak alami.
  6. Masukkan infused water ke dalam kulkas selama 1-12 jam agar bumbu meresap. Pastikan untuk mengeluarkannya sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan agar infused water tidak membusuk.
Ilustrasi infused water yang sudah jadi
Ilustrasi infused water yang sudah jadi/Foto: Pexels/Pixabay

Nah, Beauties, itulah cara membuat beserta kombinasi resep buah, sayuran, dan rempah yang bisa kamu coba untuk membuat infused water di rumah. Selamat mencoba, ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id