sign up SIGN UP

Cuaca Panas Bikin Emosi dan Stres? Ternyata Benar Ada Hubungannya, Beauties!

Fina Prichilia | Beautynesia
Selasa, 10 May 2022 17:00 WIB
Cuaca Panas Bikin Emosi dan Stres? Ternyata Benar Ada Hubungannya, Beauties!
caption
Jakarta -

Jabodetabek dan wilayah lainnya di Indonesia, tengah diselimuti cuaca panas bahkan menurut BMKG hingga mencapai suhu 36 derajat Celcius.

Hal ini rupanya karena Indonesia lagi memasuki musim pancaroba atau periode peralihan musim hujan ke kemarau. Fenomena panas dalam sepekan belakangan ini juga terjadi karena matahari yang berada ke arah wilayah utara ekuator.

Karenanya kamu merasa suhu terasa panas bahkan di malam hari, Beauties. Apakah kamu menyadari bahwa cuaca panas bisa bikin diri seseorang lebih sensitif?

Ada Hubungan Antara Cuaca Panas dan Hormon Stres

Baby blues merupakan suatu kondisi dimana sang ibu akan merasa sedih, cemas, stres, marah, menangis tanpa alasan, dan suasana hati sering berubah-ubahIlustrasi gerah dan emosi. / Foto: Freepik/ Jcomp

Terdapat ungkapan yakni orang jadi cepat marah juga stres saat cuaca panas. Benarkah? Dikutip dari Times of India, sebuah tim peneliti dari Polandia rupanya memang menemukan hubungan antara naiknya suhu udara dan tingkat stres.

Menurut penelitian, hormon stres atau kortisol diketahui lebih rendah di musim dingin dan sebaliknya, meningkat di udara panas. Cuaca panas pun dikaitkan dengan reaksi psikologis seseorang, yakni tingkat agresivitas, kekerasan, kriminal, juga suasana hati yang lebih rendah.

Meski begitu, cuaca panas juga bisa tak berdampak buruk bila kamu dapat menanganinya dengan tepat. Di antaranya berusaha mendinginkan diri seperti tetap perbanyak konsumsi cairan agar tubuh terhidrasi dengan baik.

Minum air putih setiap hariMinum air putih setiap hari/Foto: Freepik.com/freepik/ Foto: Retno Anggraini

Selain itu, bila memungkinkan kurangi paparan sinar matahari langsung dan beradalah di tempat yang sejuk dan teduh, Beauties. Namun sebaiknya ketika kamu berada dari luar, hindari untuk masuk ke ruangan dingin.

Menurut dr Laksmi Duarsa, SpKK dikutip dari detikHealth, tunggulah terlebih dahulu di depan rumah setelah tubuh terpapar sinar matahari menyengat, agar tubuh tidak terkejut begitu terpapar perbedaan suhu yang ekstrem.

Kamu juga bisa mengenakan pakaian yang ringan dan adem bahannya, yang tidak menyerap panas.

----

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id