sign up SIGN UP

Lebih Aman, Begini Cara Membuat Larutan Elektrolit Sendiri di Rumah

Riswinanti Pawestri Permatasari | Beautynesia
Selasa, 10 May 2022 12:01 WIB
Lebih Aman, Begini Cara Membuat Larutan Elektrolit Sendiri di Rumah
caption

Konsumsi cairan memang diperlukan untuk membuat tubuh tetap terhidrasi dan membantu memaksimalkan fungsi organ. Meski demikian, air putih saja ternyata tidak cukup untuk menyeimbangkan metabolisme. Kamu perlu senyawa elektrolit demi menyeimbangkan kadar air dan pH dalam tubuh.

Selain dari makanan, saat ini kamu bisa memenuhi kebutuhan elektrolit lewat minuman isotonik pabrikan. Meski demikian, beberapa orang mungkin khawatir produk kemasan tersebut akan membawa dampak buruk dalam jangka panjang.

Untuk kamu yang sadar akan pentingnya kesehatan, yuk coba bikin larutan elektrolit sendiri di rumah!

Kenapa Harus Mengonsumsi Cairan Elektrolit?

Cara Membuat Larutan Elektrolit/Foto: Pexels.com/Steve Johnson
Cara Membuat Larutan Elektrolit/Foto: Pexels.com/Steve Johnson

Elektrolit pada dasarnya adalah mineral yang memiliki muatan listrik (ion). Jenisnya ada beberapa, yaitu magnesium, kalsium, natrium (sodium), fosfat, kalium, klorida, dan lain-lain. Sebenarnya nutrisi ini bisa didapat dari asupan harian. Namun pada kondisi tertentu, kadar elektrolit bisa saja menurun karena keringat berlebih, keluarnya urine, diare, olahraga berat, cuaca panas, dan kondisi lainnya.

Padahal, keseimbangan larutan elektrolit sangat penting dijaga untuk terhindar dari dehidrasi. Bahkan ketika seseorang telah mengonsumsi cukup air, dehidrasi masih mungkin terjadi jika tubuh kekurangan senyawa ion. Berikut ini adalah manfaat elektrolit:

  • Menjaga kinerja syaraf, jantung, otak, otot, dan organ lain agar tetap normal.
  • Membantu membawa nutrisi tubuh ke dalam sel.
  • Membersihkan sisa metabolisme dan membuangnya dari dalam tubuh.
  • Menyeimbangkan pH dalam tubuh.
  • Mengendalikan kadar air dalam tubuh.

Bahan

Cara Membuat Larutan Elektrolit/Foto: Pexels.com/monicore
Cara Membuat Larutan Elektrolit/Foto: Pexels.com/monicore

Setelah mengetahui pentingnya peran senyawa elektrolit, sekarang saatnya membahas cara membuat larutan isotonik sendiri di rumah. Selain lebih hemat biaya, minuman buatan sendiri juga lebih sehat untuk tubuh. Resep berikut ini dilansir dari laman That Green Lyfe, dengan estimasi waktu pembuatan sekitar dua menit. Berikut beberapa bahan yang perlu disiapkan per sajian:

  • 1 sendok teh garam Himalaya (atau bisa diganti garam meja biasa)
  • 1 sendok teh kalium klorida
  • 1 liter air minum
  • 1 sendok the jus lemon/delima (opsional)

Cara Membuat Larutan Elektrolit

Cara Membuat Larutan Elektrolit/Foto: Pexels.com/Meir Roth
Cara Membuat Larutan Elektrolit/Foto: Pexels.com/Meir Roth

Setelah semua bahannya siap, sekarang saatnya untuk membuat larutan elektrolitmu sendiri. Caranya cukup dengan mencampurkan semua bahan dalam wadah. Setelah semua tercampur rata, kamu bisa langsung meminumnya.

Kamu bisa mengonsumsi larutan di atas maksimal 2 sajian per hari agar tidak melampaui batas konsumsi garam harian yang direkomendasikan ahli gizi. Perhatikan pula kondisi tubuh karena beberapa orang mungkin tidak cocok dengan bahan yang disebutkan di atas.

Selain itu, mineral dalam garam Himalaya bisa saja memicu reaksi bagi beberapa orang. Untuk lebih amannya, jangan lupa berkonsultasi dengan dokter atau gunakan garam meja biasa dengan dosis yang disarankan.

----

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id