sign up SIGN UP

Cuma Makan Buah untuk Menurunkan Berat Badan, Sudah Tepatkah? Ini Kelebihan dan Kekurangan Diet Buah

tyana | Beautynesia
Rabu, 25 Aug 2021 08:00 WIB
Kekurangan Diet Buah:

Kekurangan Diet Buah:

Beauties, pada dasarnya mengkonsumsi buah sangat penting saat diet. Meskipun buah memiliki kalori yang tinggi, tetapi kandungan gula dalam buah cukup tinggi sehingga apabila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dapat menyebabkan kenaikan berat badan pula dan juga resiko tinggi diabetes.

Tidak hanya itu, diet buah juga termasuk ke dalam diet ekstrem yang dapat berbahaya untuk tubuh. Hal ini juga diungkapkan oleh ahli diet yang bersertifikat bernama Kate Patton, MEd, RD, CSSD, LD. Ia mengungkapkan bahwa diet buah memiliki resiko tinggi malnutrisi dan juga tidak disarankan oleh ahli diet.

"Diet buah memiliki risiko malnutrisi yang besar. Karena itu, diet ini biasanya tidak direkomendasikan oleh ahli gizi karena itu bukan bagian dari rencana makan seimbang," jelas ahli diet ini saat diwawancarai Cleveland Clinic. 

Tidak sama dengan daging, telur ataupun kacang-kacangan yang kaya akan protein. Buah memiliki kandungan protein yang rendah bahkan ada beberapa buah yang tidak mengandung protein sama sekali. Kekurangan protein dalam tubuh dapat menyebabkan melemahnya jaringan otot, penyakit tulang, dan juga membuat cepat lapar lho, Beauties.  

Selain itu juga, diet yang hanya konsumsi buah dapat membuat tubuh cepat lelah, lesu dan letih yang disebabkan oleh anemia. Kebanyakan mengkonsumsi buah juga tidak baik untuk kesehatan alat pencernaan.

Oleh karena itu, sebelum melakukan program diet, lebih baik konsultasi terlebih dahulu dengan ahli gizi ataupun dokter, agar diet yang dipilih tepat dan tidak berbahaya untuk tubuh.


Our Sister Site

mommyasia.id