STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Deretan Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan

Jovita | Beautynesia
Rabu, 27 Nov 2019 10:10 WIB
Deretan Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan
Kamu sudah tahu manfaat daun kemangi, Ladies? Kalau belum, simak informasi lengkapnya di artikel ini, yuk!

Daun kemangi yang sering dijadikan lalapan dalam berbagai hidangan ternyata memiliki beragam manfaat yang baik bagi kesehatan, lho Beautynesian. Daun ini terkenal dalam mengatasi bau mulut. Di Cina sendiri, tanaman ini digunakan sebagai obat infeksi, sakit perut, gigitan ular, sengatan serangga, hingga obat dema.

Beberapa negara lain, seperti Yunani, Filipina, dan Meksiko juga memanfaatkan daun kemangi sebagai obat tradisional. Namun sayangnya,  penelitian medis membuktikan efektivitas manfaat daun kemangi untuk kesehatan masih sangat minim.

Meskipun demikian, bukan berarti daun ini tidak memiliki manfaat. Daun kemangi masih memiliki deretan manfaat karena memiliki nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, folat, vitamin , A, B, C, dan K walaupun dalam jumlah yang tidak banyak. Berikut adalah deretan manfaat yang bisa Beautynesian peroleh dengan mengonsumsi daun kemangi. Simak yuk!


1. Menjaga kesehatan sistem pencernaan


Foto: https://stock.adobe.com/

Manfaat daun kemangi yang pertama adalah mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Beberapa penelitian medis mengungkapkan bahwa daun kemangi mampu mencegah gejala yang timbul akibat adanya luka di lambung.

Selain itu, daun kemangi juga dipercaya dapat menurunkan kadar asam lambung dan meningkatkan pelepasan lapisan lendir pada lambung. Lapisan lendir ini berguna untuk melindungi dinding lambung agar tidak mudah terluka.

Tidak hanya itu, daun kemangi membantu menyeimbangkan asam di dalam tubuh dan mengembalikan kadar pH tubuh yang tepat, lho. Daun kemangi juga mengandung Eugenol yang dapat menjadi anti-inflamasi di saluran pencernaan.


2. Meredakan demam dan batuk


Foto: https://stock.adobe.com/

Manfaat daun kemangi selanjutnya adalah mampu mengurangi demam akibat flu. Saat terserang flu dan demam, kunyahlah daun kemangi untuk menurunkan demam, sedangkan untuk mencegah demam, Beautynesian bisa mengonsumsi air rebusan daun kemangi. Rebusan air daun kemangi ini bisa kamu minum setiap hari guna mencegah demam terutama saat di musim pancaroba dan musim penghujan.

Selain itu, daun kemangi juga mampu meredakan batuk dengan mencampurkan beberapa lembar daun kemangi dengan cengkeh dan seduh dengan air mendidih. Diamkan hingga dingin, kemudian minum. Konsumsi minuman ini secara rutin untuk meredakan batuk.


3. Meringankan diabetes


Foto: https://stock.adobe.com/

Daun kemangi memiliki manfaat yang mampu melepaskan gula dalam darah. Manfaat ini sangat dibutuhkan bagi penderita diabetes. Racikan daun kemangi memuat glikemil yang sangat rendah. Hal ini dapat membantu penderita diabetes menurunkan gula di dalam darah. Daun kemangi juga mengandung minyak atsiri yang mampu mengurangi kadar trigliserida dan kolesterol dalam tubuh. Dua hal ini merupakan faktor risiko persisten bagi penderita diabetes.


4. Melawan depresi


Foto: https://stock.adobe.com/

Daun kemangi dianggap sebagai adaptogen yang kuat atau zat alami yang bisa membantu menangkal stress. Hal ini dikarenakan zat dalam daun kemangi mampu merangsang neurotransmitter yang mengatur hormon yang bertanggung jawab untuk mendorong kebahagiaan dan energi.

Selain itu, zat alami ini juga berperan untuk membuat tubuh dan pikiran merasa tenang dan rileks, membantu mengatasi gangguan tidur, meningkatkan daya ingat, dan membantu tubuh tidak cepat lelah.


5. Menjaga kesehatan mata


Foto: https://stock.adobe.com/

Beautynesian, kamu bisa meningkatkan kesehatan mata dengan mengonsumsi 100 gram daun kemangi segar setiap hari, secara rutin. Hal ini dapat terjadi karena daun kemangi memiliki kandungan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Selain itu, manfaat daun kemangi juga bisa membantu Beautynesian meringankan masalah penglihatan.


(ebn/ebn)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE