sign up SIGN UP

Diare Bisa Menyebabkan Kematian, Ini Penyebab dan Gejalanya yang Perlu Dikenali

Cynthia Claudia | Sabtu, 08 Jan 2022 11:00 WIB
Diare Bisa Menyebabkan Kematian, Ini Penyebab dan Gejalanya yang Perlu Dikenali
caption

Diare termasuk salah satu gangguan kesehatan yang sering dialami masyarakat Indonesia. Sebuah data dari Kemenkes RI 2019 menunjukkan bahwa jumlah kasus diare mencapai sekitar 7,2 juta penduduk di Indonesia.

Penderita diare biasanya mengalami situasi dimana mereka membuang air besar dengan feses yang lebih cair, sehingga proses ini membuat perut cenderung tidak nyaman. Melansir dari Mayo Clinic, diare biasanya berlangsung hanya beberapa hari. Namun, jika lebih parah bisa berlangsung hingga beberapa minggu.

diare
diare/ Foto: Pexels.com/ Andrea Piacquadio

Ketika berlangsung lama hingga beberapa minggu, maka ini menunjukkan ada masalah lain seperti gangguan iritasi pada usus (irritable bowel syndrome), dan gangguan lainnya yang lebih serius, termasuk infeksi, penyakit celiac, atau penyakit radang usus (inflammatory bowel disease). 

Berikut adalah penyebab dan gejala diare yang patut kalian waspadai, Beauties!

Penyebab Diare 

diare
diare/ Foto: Pexels.com

Diare pada umumnya disebabkan oleh infeksi karena adanya virus dan bakteri yang mengganggu kerja usus besar di dalam tubuh. Bakteri atau virus ini berasal dari makanan atau minuman yang dikonsumsi. Sehingga, dapat mengganggu kinerja keseluruhan saluran pencernaan di dalam tubuh.

Melansir dari Healthline, contoh bakteri-bakteri yang dapat menyebabkan diare adalah bakteri E. coli atau Salmonella. Mereka pasalnya mengeluarkan racun yang mengganggu saluran pencernaan.

Gejala atau Tanda-tanda Diare 

diare
diare/ Foto: Pexels.com/ Sora Shimazaki

Gejala diare pada umumnya muncul setelah para penderitanya mengonsumsi makanan atau minuman yang terpapar bakteri-bakteri jahat. Contohnya, mereka akan mengalami mual, sakit perut, dan buang air setelah mengonsumsi makanan atau minumannya.

Berikut adalah keterangan lebih lengkapnya mengenai gejala-gejala diare:

  • Buang air besar dengan bentuk tinja yang cair atau sangat lunak, lebih dari 3x sehari,
  • Buang air besar dengan tinja yang kemungkinan berdarah,
  • Sulit menahan buang air besar,
  • Kram perut dan kembung,
  • Demam,
  • Pusing, lemas, dan merasa kulit lebih kering dari biasanya.

Kapan sebaiknya kalian memeriksa ke dokter jika mengalami diare? Ada baiknya kalian segera memeriksa ke dokter ketika mengalami gejala-gejala diare seperti yang disebutkan di atas.

Terutama jika mengalami mencret yang tidak kunjung sembuh sehingga mengganggu aktivitas, mengalami demam di atas 39 derajat Celcius, mudah haus sehingga membuat bibir kering, dan tubuh lemas. Lebih perhatikan lagi kesehatanmu ya, Beauties!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id