STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Diduga Jadi Pemicu Meninggalnya Bruce Lee, Ini 9 Bahaya Terlalu Banyak Minum Air yang Harus Diwaspadai

Tim Redaksi CNN | Beautynesia
Rabu, 23 Nov 2022 16:30 WIB
Diduga Jadi Pemicu Meninggalnya Bruce Lee, Ini 9 Bahaya Terlalu Banyak Minum Air yang Harus Diwaspadai

Beauties, baru-baru ini muncul sebuah analisis yang menguak kemungkinan penyebab meninggalnya aktor Bruce Lee pada 49 tahun yang lalu. Peneliti pun mengungkapkan bahwa sang aktor mendadak meninggal dunia di usia 32 tahun disebabkan oleh terlalu banyak minum air.

Actor and martial artist Bruce Lee rehearsing, on the set of the film 'Enter the Dragon', Hong Kong, circa 1973. (Photo by Stanley Bielecki Movie Collection/Getty Images)Actor and martial artist Bruce Lee rehearsing, on the set of the film 'Enter the Dragon', Hong Kong, circa 1973. (Photo by Stanley Bielecki Movie Collection/Getty Images)/ Foto: Getty Images/Stanley Bielecki Movie Collectio

Asupan air yang cukup memang diketahui sangat dibutuhkan agar organ tubuh tetap berfungsi dengan baik. Namun, air sebaiknya dikonsumsi dengan jumlah yang cukup, tidak kurang dan tidak lebih, Beauties. Selain itu, ada beberapa bahaya terlalu banyak minum air yang perlu kamu waspadai.

Mengutip Insider, minum terlalu banyak air dapat menyebabkan efek samping yang beragam. Mulai dari iritasi ringan hingga yang fatal sampai mengancam jiwa. Bahkan, kelebihan asupan cairan atau overhidrasi juga menyebabkan keracunan air dalam tubuh dan dapat menyebabkan hiponatremia, sehingga menghambat fungsi normal otak.

Kondisi inilah yang diduga menjadi penyebab kematian Bruce Lee, Beauties. Tak hanya itu saja, berikut ini beberapa bahaya terlalu banyak minum air lainnya yang dikutip dari Style Craze!

Diare

Kecemasan dapat berdampak pada sistem pencernaanIlustrasi sakit perut atau diare/ Foto:  pexels.com

Overhidrasi dapat menyebabkan diare kronis dan keringat berkepanjangan. Hal tersebut disebabkan karena hipokalemia atau penurunan ion kalium. Keseimbangan antara ion kalium intraseluler dan ekstraseluler dapat terhambat saat kamu meminum terlalu banyak air.

Pembengkakan Sel-Sel Tubuh

Ketika kadar natrium dalam tubuh menurun, air masuk ke dalam sel lewat membran sel semipermeabel melalui proses osmosis. Hal tersebut juga menyebabkan terjadinya pembengkakan sel di dalam tubuh.

Selain itu, pembengkakan sel tubuh bisa menyebabkan kerusakan serius pada jaringan otot, organ, hingga otak.

Berdampak Negatif Pada Otak

Jarang Disadari, Ini 6 Kebiasaan Sehari-hari yang Turunkan Kemampuan Otak/Foto:Freepik/CamandonaTerlalu banyak minum air bisa berdampak negatif pada otak/Foto: Freepik/Camandona

Hiponatremia atau natrium rendah dalam darah bisa menyebabkan pembengkakan otak. Kondisi tersebut bisa menyebabkan ketidakmampuan berbicara, disorientasi, ketidakstabilan berjalan, psikosis, bahkan kematian, Beauties.

Koma

Kerusakan otak dan organ viseral yang dialami tubuh akibat keracunan air dapat menyebabkan koma hingga kematian dalam beberapa kasus. Oleh karena itu, jangan minum air terlalu banyak dalam waktu singkat.

Umumnya, orang dewasa disarankan untuk mendapat asupan air sebanyak 2 liter per hari, namun nggak perlu mengonsumsinya sekaligus, Beauties. Namun bisa meminumnya secara perlahan untuk menjaga organ tubuh berjalan tetap stabil.

Untuk selengkapnya, baca DI SINI mengenai bahaya terlalu banyak minum air lainnya ya, Beauties!

(sim/sim)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE