STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Jangan Sampai Kecolongan, Ini 6 Cara Menjaga Berat Badan setelah Berhasil Diet

Sherley Gucci Permata Sari | Beautynesia
Rabu, 23 Nov 2022 09:30 WIB
Jangan Sampai Kecolongan, Ini 6 Cara Menjaga Berat Badan setelah Berhasil Diet
Foto: Getty Images/iStockphoto/miya227

Berhasil menjalani diet dengan tujuan menurunkan berat badan merupakan sebuah pencapaian yang tak mudah didapatkan bagi kebanyakan orang. Namun setelah berhasil diet pun, beberapa orang masih dipusingkan dan merasa khawatir jika berat badannya kembali mengalami kenaikan.

Dilansir dari Healthline, umumnya berat badan yang mudah kembali seperti berat semula disebabkan karena menjalani diet ketat, pola pikir yang salah, dan tidak melanjutkan kebiasaan saat diet.

Oleh karena itu, menjaga dan mempertahankan berat badan agar tetap stabil tentu menjadi sebuah tantangan tersendiri. Lantas, bagaimana cara menjaga berat badan setelah berhasil menjalankan diet? Yuk, simak ulasannya berikut ini yang dilansir dari Healthline!

Mengatur Pola Makan

Kiat Menahan Rasa Lapar Saat Proses Diet/Foto: Freepik.com/BenzoixIlustrasi/Foto: Freepik.com/Benzoix

Hal pertama yang wajib dilakukan adalah mengatur pola makan. Yup, saat berhasil diet, sebagian orang ada yang merasa ingin merayakan keberhasilannya dengan makan makanan yang sebelumnya ia hindari. Hal ini justru dapat membuat berat badanmu kembali seperti semula, lho, Beauties.

Hal tersebut sebenarnya sah-sah saja dilakukan. Namun kamu tetap harus mengontrolnya dan tetap mengatur pola makan. Misalnya mengontrol asupan karbohidrat agar tidak berlebihan, seperti nasi dan tepung-tepungan yang dapat menyebabkan perut buncit. Kemudian mengonsumsi serat dan protein secara cukup yang membantumu memberikan energi dan meningkatkan rasa kenyang lebih lama.

Jangan Lewatkan Sarapan

young attractive asian woman who eatsIlustrasi sarapan/ Foto: Getty Images/iStockphoto/miya227

Selain mengatur pola makan, kebiasaan lainnya yang tetap dilakukan setelah berhasil diet adalah tidak melewatkan sarapan. Sarapan di pagi hari juga dapat membantumu dalam menjaga dan mempertahankan berat badan. Menurut penelitian, sebanyak 78 persen dari 2.959 orang dilaporkan berhasil mempertahankan berat badannya sebanyak 14 kilogram selama kurang lebih satu tahun karena tidak melewatkan sarapan setiap harinya.

Menjaga Hidrasi Tubuh

Menjaga hidrasi tubuh
Ilustrasi/Foto: Freepik.com/

Menjaga hidrasi tubuh dengan mengonsumsi air putih dengan cukup juga dapat mempertahankan berat badan tetap stabil  Melansir dari detikEdu, setidaknya untuk orang dewasa disarankan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 230 ml atau 2 liter per hari. Selain membantu meningkatkan rasa kenyang, konsumsi air putih juga berperan untuk membantu meningkatkan pembakaran kalori dalam tubuh.

Olahraga

Ilustrasi olahraga (Foto: Pexels/Jonathan Borba)Ilustrasi olahraga/Foto: Pexels/Jonathan Borba

Selain bermanfaat untuk kesehatan dan kebugaran tubuh, olahraga juga berperan dalam pembakaran kalori. Meskipun kamu sudah mendapatkan berat ideal yang kamu inginkan, kebiasaan olahraga yang kamu lakukan saat diet tak boleh ditinggalkan begitu saja.

Cobalah untuk tetap meluangkan waktu berolahraga, minimal 3 kali dalam seminggu. Selain itu kamu juga bisa mencoba untuk olahraga angkat beban. Biasanya setelah diet, seseorang akan mengalami kulit yang menggelambir. Olahraga tersebut dapat membantu meningkatkan dan mengencangkan masa otot serta meningkatkan metabolisme tubuh.

Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup
Ilustrasi/Foto: Freepik.com/drobotdean

Saat menjalani diet tentunya kamu pasti menghindari kebiasaan begadang dan berusaha mendapatkan tidur yang cukup. Begitu pun setelah diet, kebiasaan ini juga sebaiknya tetap kamu lakukan karena ini juga dapat mengendalikan berat badan, lho.

Selain membantu menjaga metabolisme tubuh, tidur yang cukup juga berperan dalam mengendalikan nafsu makan seseorang. Mencukupi tidur setidaknya selama tujuh jam setiap malam dapat membantu secara optimal untuk mengontrol berat badan dan kesehatan secara keseluruhan 

Kendalikan Stres

Kendalikan stres
Ilustrasi/Foto: Freepik.com/Benzoix

Hal terakhir yang perlu dilakukan jika ingin menjaga dan mempertahankan berat badan agar tetap stabil adalah mengendalikan dan mengelola stres. Kondisi stres yang tinggi dapat berkontribusi dalam mengembalikan berat badan karena meningkatkan kadar hormon kortisol dalam tubuh.

Hormon ini dapat mengakibatkan meningkatkannya nafsu makan seseorang. Inilah yang menjadi penyebab beberapa orang makan dengan impulsif saat stres sehingga berat badan dapat kembali naik setelah berhasil diet.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE