sign up SIGN UP

Dokter dan BPOM Imbau Masyakat Berhati-hati Terhadap Jamu yang Dicampur Bahan Kimia!

Tim Redaksi CNN | Beautynesia
Rabu, 06 Apr 2022 21:30 WIB
Dokter dan BPOM Imbau Masyakat Berhati-hati Terhadap Jamu yang Dicampur Bahan Kimia!
caption
Jakarta -

Jamu merupakan minuman asli Indonesia. Terdiri dari rempah-rempah dan herbal yang bersifat alami, jamu dipercaya bisa menjaga kesehatan dan stamina tubuh. Kendati begitu, ternyata jamu nggak semua baik bagi tubuh, Beauties.

Ada jamu yang tergolong berbahaya dan mengganggu kesehatan tubuh. Dilansir dari CNN Indonesia, Desca Medika Hartanto, dokter spesialis penyakit dalam di Rumah Sakit Bunda Waru Sidoarjo, mengatakan, jamu dipercaya baik untuk kesehatan, tapi tidak selamanya demikian.

Minuman kekinianIlustrasi konsumsi jamu. (Foto: freepik.com/user18526052)

Ketika jamu dicampur dengan bahan kimia obat, maka efek baik dari jamu menghilang. Ditambah lagi dengan efek samping yang terjadi pada tubuh orang yang mengonsumsinya.

"Awalnya terasa enak, tapi terlalu sering dikonsumsi jadi bahaya. Ada efek samping yang tentu kita tidak pernah mau mengalaminya," kata Desca dalam webinar yang digelar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Selasa (5/4).

Lebih jelas, dr. Desca mengatakan risiko mengonsumsi jamu dengan kandungan bahan kimia obat bisa memicu penyakit. Gagal ginjal, misalnya.

Ilustrasi minuman sodaIlustrasi minuman jamu. (Foto: Pexels/Artem Beliaikin)

Hal yang sama dikatakan oleh Kepala BPOM, Penny Lukito. Menurutnya, kimia obat dapat menghilangkan khasiat dari jamu. Secara tidak sadar, hal itu bisa menjadi bumerang jika dikonsumsi secara rutin, karena ada beberapa penyakit yang mengintai.

"Mulai dari kanker, ginjal hingga jantung bisa mengintai orang yang sering minum jamu berbahan kimia obat," ungkapnya.

Penny juga menjelaskan bahwa obat adalah zat memang berfungsi untuk menyembuhkan atau meredakan gejala penyakit tertentu, tapi tentunya dengan aturan yang telah diresepkan oleh dokter. 

Selengkapnya BACA DI SINI.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id