STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Duh, 4 Penyakit Ini Rawan Mengintai Saat Kamu Terlalu Sering Begadang

Zulfa Farhuna | Beautynesia
Senin, 07 Nov 2022 18:45 WIB
Duh, 4 Penyakit Ini Rawan Mengintai Saat Kamu Terlalu Sering Begadang

Begadang seringkali menjadi definisi dari kesibukan seseorang. Bukan hanya karena sibuk, sebagian orang begadang untuk melakukan hobinya. Misal hobi bermain game ataupun menonton film.

Padahal tubuh memerlukan istirahat cukup untuk beraktivitas normal di keesokan harinya. Tubuh yang kurang fit menyebabkan penurunan imun sehingga akan jadi gampang sakit.

Begadang boleh saja dilakukan asal yang dilakukan adalah hal penting dan sudah istirahat sebelumnya. Namun, keseringan tidur larut malam alias begadang ternyata menyebabkan banyak penyakit loh!

Dikutip dari Bustle, berikut beberapa penyakit yang terjadi akibat kurang istirahat di malam hari. Simak!

1. Penyakit Jantung

Ilustrasi Ngopi dan Kaitannya Pada Penyakit JantungPenyakit Jantung/ Foto: Getty Images

Biasanya, banyak orang memiliki jadwal tidur rutin di weekdays dikarenakan esok harinya harus bekerja atau bersekolah. Lain halnya dengan weekend, sebagian orang pun memilih tidur larut malam, bahkan baru mulai tidur di pagi hari selepas pesta maupun berkumpul bersama teman.

Menurut ahli, keadaan tersebut disebut juga social jet lag, yang mana jam tidur berubah akibat aktivitas sosial. Dalam sebuah studi disebutkan bahwa setiap perubahan pada jam tidur seseorang akan meningkatkan risiko terkena penyakit jantung sebesar 11%.

2. Depresi

begadang bisa menyebabkan depresi
depresi/foto: freepik.com/jcomp

Siapa nih yang suka ngaku jadi night owl disini? Hati-hati, bahaya loh Beauties!

Para peneliti menemukan bahwa night owl mempunyai kemungkinan lebih besar untuk terkena depresi dikarenakan kurangnya jam tidur maupun jadwal tidur yang berantakan. Kemungkinan diperbesar lagi, apabila orang tersebut mempunyai penyakit diabetes tipe 2.

3. Kadar Gula Darah Naik

begadang menyebabkan kadar gula naik yang bisa memicu penyakit jantung
penyakit jantung/foto: freepik.com/rawpixel

Jika kita beristirahat dengan cukup dan teratur, aktivitas sistem darah yang berfungsi sebagai pengontrol kadar gula darah akan normal. Tapi, jika tidak beristirahat secara cukup, maka risiko timbulnya kelelahan dan stres besar.

Kondisi ini dapat memengaruhi meningkatnya kadar gula darah. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan masalah pada ginjal dan jantung.

4. Obesitas

begadang meningkatkan resiko obesitas
nyemil/foto: freepik.com/tirachardz

Begadang untuk menonton film maupun berpesta ria membuat perut rasanya lapar karena aktivitas di malam hari. Hal ini tentunya mendorong kita untuk mengonsumsi lebih banyak makanan dan minuman.

Peneliti mengatakan, banyak dari mereka yang begadang cenderung asal memilih makanan khususnya yang manis-manis. Tak heran, jika risiko terkena obesitas sangatlah besar.

Wah, mengerikan ya! Ternyata begadang memiliki banyak dampak negatif bagi tubuh. Nah, apakah Beauties masih mau begadang untuk hal-hal yang nggak bermanfaat lainnya?

_____________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE